nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pentingnya Perangkat Keselamatan Aktif Airbag yang Selamatkan Bikers

Ardimo Harsa, Jurnalis · Jum'at 13 September 2019 19:43 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 09 13 53 2104599 pentingnya-perangkat-keselamatan-aktif-airbag-yang-selamatkan-bikers-6jN0A5UwGy.jpg Airbag sepeda motor (foto: Ist)

JAKARTA - Motorsport bisa dianggap sebagai salah satu olahraga paling berbahaya, baik di roda dua maupun roda empat. Wafatnya Anthoine Hubert dalam balapan Formula 2 lalu seolah menjadi pengingat betapa berbahayanya olahraga ini.

Berbagai peranti keselamatan dan peraturan pun dibuat untuk terus meningkatkan keselamatan para pebalap.

 Airbag sepeda motor

Salah satu peranti keselamatan tersebut ialah Tech-Air. Sistem airbag milik Alpinestars ini digunakan sebagai salah satu standar keamanan wajib dalam ajang balap MotoGP.

Dan pada balapan GP Inggris di Silverstone Agustus lalu, peranti ini kembali menjadi penyelamat. Kali ini sistem ini berhasil menyelamatkan nyawa dua pebalap, yaitu Andrea Dovizioso dan Fabio Quartararo.

Kedua pebalap ini terlibat tabrakan serius sesaat setelah start. Di tikungan pertama, Quartararo yang mencoba menghindari Alex Rins malah terjatuh ketika tengah berakselerasi melewati tikungan pertama.

 Airbag sepeda motor

Nahas, Dovi yang tengah melaju kencang tak dapat menghindari motor Quartararo yang meluncur bebas. Pebalap Ducati ini kemudian terlempar setelah menabrak motor Quartararo.

Keduanya sendiri selamat walau sempat mendapat perawatan di rumah sakit. Dovi sendiri sempat didiagnosa mengalami gegar otak. Namun keduanya kembali dalam sesi tes di Misano, Italia, seminggu berselang.

Alpinestars baru-baru ini merilis data yang menunjukkan bagaimana Tech-Air sukses menghindarkan dua pebalap ini dari cedera yang lebih serius.

 Airbag sepeda motor

Dari data Alpinestars, tercatat Quartararo terguling selama 4.7 detik dan airbagnya mengembang 0.060 detik sebelum ia menghantam tanah. Sementara Dovi terguling selama 4.8 detik dan airbagnya mengembang 0.150 detik sebelum ia jatuh, namun setelah ia menabrak Yamaha milik Quartararo.

Data ini juga mencatat bahwa gaya benturan yang dialami Dovi pada saat terjatuh adalah sebesar 35G. Tanpa teknologi Tech-Air ini, kecil kemungkinan Dovi bisa selamat dari tabrakan ini.

Sistem canggih Tech-Air akan mendeteksi apa bila pebalap terjatuh dari motor menggunakan perangkat lunak canggih yang terhubung dengan berbagai perangkat keras. Apa bila sistem mendeteksi pebalap akan menyentuh aspal, sistem akan mengirim sinyal ke airbag untuk mengembang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini