Simak Kunci Taklukkan Jalan Pegunungan dengan City Car

Ardimo Harsa, Jurnalis · Sabtu 14 September 2019 08:09 WIB
https: img.okezone.com content 2019 09 14 87 2104753 ini-tips-taklukkan-jalan-pegunungan-dengan-city-car-klPOrhdCZ7.jpg Melalui trek menanjak jadi tantangan tersendiri untuk mobil perkotaan (Foto: Okezone.com/Istimewa)

JAKARTA - Berkendara ke wilayah pegunungan atau perbukitan untuk melepas penat dan menikmati pemandangan, lekat dengan kegunaan kendaraan bertipe SUV atau crossover. Mesin berkapasitas besar menghasilkan tenaga berlimpah serta berpenggerak empat roda, memberi keyakinan melewati jalan berliku dan menanjak di wilayah pegunungan.

Lain hal dengan model city car bermesin mungil berkapasitas 1 hingga 1.5 liter dengan sistem penggerak roda depan. Spesifikasi itu, membuatnya tak sekuat mobil SUV maupun crossover dalam melewati daerah pegunungan.

Anda sendiri tak perlu khawatir jika ingin berlibur ke daerah pegunungan dengan menggunakan city car. Terdapat beberapa tips berkendara di daerah pegunungan menggunakan city car, seperti dikutip dari laman Roadtrip America.

 Jalan Kawasan Wisata Mandeh

1. Pastikan kendaraan prima sebelum berkendara

Melewati jalan menanjak dan berliku akan memberi beban lebih kepada mobil, terutama mesin, rem, dan transmisi. Terlebih, dengan kondisi oli di bagian-bagian tersebut. Gantilah jika sudah waktunya diganti. Sempatkan untuk mengecek kondisi ban apakah sudah gundul atau belum dan pastikan tekanan ban sudah pas.

2. Gunakan engine brake ketika melewati turunan

Hindari menggunakan rem secara berlebih ketika melewati turunan karena dapat mengakibatkan overheat pada rem yang berakibat pada berkurangnya efektivitas rem atau bahkan rem blong. Sebaiknya, saat melewati turunan, gunakan engine brake dengan mengoper ke gigi yang lebih rendah saat melewati turunan. Untuk transmisi manual, engine brake bisa dilakukan dengan mengoper ke gigi yang lebih rendah dari gigi yang sedang digunakan. Pengguna mobil dengan transmisi otomatis bisa menggunakan gigi rendah yaitu gigi L

3. Gunakan gigi rendah dan matikan AC ketika melewati tanjakan curam

Berbekal tenaga dan torsi yang tak sebesar SUV, melewati tanjakan curam menggunakan city car bisa menjadi tantangan tersendiri. Pastikan untuk terus menggunakan gigi rendah dan matikan AC ketika melewati tanjakan curam. Ini karena penggunaan AC menambah beban mesin dan mengurangi tenaga mesin. Selain itu perhatikan juga suhu mesin. Apabila mesin menunjukkan gejala overheat, segera pinggirkan mobil dan biarkan mobil dalam keadaan langsam.

 Suzuki Swift

4. Berhati-hati jika melewati jalan tanah

City car dengan berpenggerak roda depan akan membuat bermanuver di jalan tanah atau berpasir menjadi lebih sulit. Ketika menikung, berbeloklah lebih lebar dan lebih pelan untuk menghindari potensi understeer.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini