nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Lakukan Perjalanan Jauh di Liburan Weekend, Berapa Waktu yang Cukup untuk Beristirahat

Ilham Satria Fikriansyah, Jurnalis · Minggu 15 September 2019 01:06 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 09 15 52 2104950 lakukan-perjalanan-jauh-di-liburan-weekend-berapa-waktu-yang-cukup-untuk-beristirahat-cMF7eszBSK.jpg Ngantuk saat tidur (foto: ist)

JAKARTA - Saat melakukan perjalanan jauh untuk berlibur, sering kali kita merasa lelah dan mengantuk di perjalanan. Hal ini wajar karena pengemudi mengendarai mobil selama berjam-jam, serta menguras tenaga akibat terus berkonsentrasi pada saat berkendara.

Namun banyak pengemudi yang tetap memaksakan dirinya untuk terus berkendara mesti keadaan sudah lelah, risiko kecelakaan sangat besar dan kemungkinan menimbulkan korban jiwa sangat tinggi.

 arus lalu lintas liburan

Solusinya adalah apabila memang sudah lelah dan mengantuk, sebaiknya untuk menepi di tempat peristirahatan terdekat untuk tidur sejenak dan kembali melanjutkan perjalanan.

 Kondisi lalu lintas

Waktu yang ideal untuk beristirahat dalam melakukan perjalanan jauh adalah setiap dua jam sekali, dengan waktu istirahat antara 15 sampai 20 menit. Hal ini dilakukan untuk memulihkan kembali badan serta menghilangkan rasa kantuk.

Selain itu, lakukan beberapa peregangan badan mulai dari tangan dan kaki. Hal ini karena seorang pengemudi hanya duduk selama berjam-jam dan bagian anggota tubuh yang terus bergerak hanyalah kaki dan tangan. Sangat penting sekali melakukan peregangan agar badan kita tidak terasa kaku serta pegal.

Jika melakukan perjalanan jauh dimulai saat malam hari, usahakan untuk beristirahat pada siang harinya. Ini dilakukan untuk meminimalisir risiko mengantuk saat berkendara di malam hari, sebab disaat malam pengemudi memerlukan tingkat konsentrasi berkendara yang lebih tinggi daripada disaat siang hari.

 ngantuk saat mengemudi

Lebih baik lagi, jika perjalanan masih cukup jauh dan sudah merasa kelelahan disarankan untuk mencari hotel terdekat dan menginap semalaman. Tentu perjalanan akan terasa lebih lama, namun dengan beristirahat kondisi badan akan pulih serta kembali bugar.

Saat ini tingkat kecelakaan di jalan raya sering sekali disebabkan oleh pengemudi yang mengantuk. Kasus ini terus terjadi setiap waktu karena pengemudi yang memaksakan dirinya untuk terus berkendara. Untuk itu siapkan fisik dan mental yang kuat jika ingin melakukan perjalanan jauh, serta berhentilah apabila memang sudah merasa lelah dan mengantuk.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini