nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kecelakaan di Sentul, Ingatkan Pengemudi Pentingnya Lakukan Pengecekan Ban Mobil

Mufrod, Jurnalis · Minggu 15 September 2019 11:39 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 09 15 52 2105032 kecelakaan-di-sentul-ingatkan-pengemudi-pentingnya-lakukan-pengecekan-ban-mobil-YlXaB1veiO.jpg Kecelakaan tunggal pecah ban di tol Jagorawi (foto: Jasa marga)

BOGOR - Kecelakaan di tol Jagorawi yang mengakibatkan terlemparnya beberapa penumpang dari dalam mobil, berdasarkan keterangan petugas kepolisian setempat akibat terjadinya pecah ban.

Sebuah mobil MPV Suzuki APV yang diperkirakan membawa beberapa penumpang terlihat ringsek bagian atasnya. Kuat diduga mobil tengah melaju kencang, dan terjadi pecah ban sehingga pengemudi tak mampu mengendalikan mobil dan terguling yang membuat korban terlempar keluar.

 Kecelakaan Mobil

Kejadian kecelakaan tersebut diketahui dari postingan salah satu pengguna jalan yang melintas dan merekam peristiwa kecelakaan. Menurut Marketing and Communication Department HeadPT Jasa Marga (Persero) Tbk

Regional JabodetabekJabar, Irra Susiyanti kecelakaan tunggal kendaraan AVP nopol F 1196 DH terjadi di km 36+600 dari arah Bogor pada jalan tol Jagorawi, tepatnya pada pukul 08.30 WIB.

 Kecelakaan Mobil

Penyebab kecelakaan adalah pecah ban belakang, sehingga kendaraan oleng dan terguling.

Dalam kondisi ini penting bagi pengemudi untuk melakukan pengecekan ban, baik kondisi ban maupun tekanan angin. Terlebih jika jumlah penumpang maksimal, tekanan angin harus dapat diperhatikan secara baik.

Menurut Aries Abdullah, business support manager PT Gajah Tunggal menjelaskan, dengan kondisi beban yang berlebih maka dibutuhkan tekanan angin yang lebih pula di atas tekanan standar yang ditentukan.

 Ban mobil

"Biasanya untuk mobil jenis MPV seperti Avanza dengan kapasitas penumpang tujuh orang serta tambahan barang bawaan, idealnya tekanan angin ditambah 10 persen dari batas ketentuan standar yang direkomendasikan pabrikan mobil atau ban," jelas Aries.

 Ban Mobil

Penambahan 10 persen tekanan angin pada ban bisa dilakukan seiring penambahan beban, seperti tekanan angin standar ban depan 30 psi dan belakang 35 psi bisa ditambahkan agar tekanan ban tidak berkurang dari penambahan beban yang ditambah.

Tekanan angin ban mobil dasarnya juga berfungsi untuk menahan beban baik mobil maupun kapasitas barang bawaan yang terdapat pada mobil. Langkah ini bisa dilakukan dan diperhatikan oleh pengemudi yang melakukan perjalan mudik.

 Ban mobil

"Dengan tekanan tambahan tersebut maka beban tekanan angin di dalam ban bisa menyesuaikan dengan bobot tambahan kendaraan," pungkas Aries.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini