nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kehadiran Tesla di Indonesia, Harga Masih Tinggi Diminati oleh Menteri

Medikantyo, Jurnalis · Minggu 15 September 2019 20:52 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 09 15 52 2105172 kehadiran-tesla-di-indonesia-harga-masih-tinggi-diminati-oleh-menteri-sgx4tzDtx7.jpg Pamor kehadiran Tesla di Indonesia meningkat dengan pemakaiannya sebagai armada taksi Blue Bird (Foto: Okezone.com/Heru Haryono)

JAKARTA - Melambungnya optimisme elektrifikasi kendaraan di Indonesia, berdampak pada spekulasi kedatangan berbagai merk produsen mobil listrik. Tidak terkecuali dengan munculnya jenama pembuat mobil listrik asal Amerika Serikat, Tesla, yang masuk ke Tanah Air melalui perantara importir umum, PT Prestige Image Motorcars.

Dalam laman resmi mereka, terdapat tiga model mobil listrik keluaran Tesla yang mereka jual di Indonesia. Sayangnya, ketiga kendaraan tersebut tidak disertai dengan label harga yang ramah bagi kebanyakan masyarakat Indonesia.

 Tesla Model S

Prestige membanderol dua model yakni X dan S masing-masing dengan angka Rp2,8 miliar dan Rp4,4 miliar. Presiden Prestige Image Motorcars, Rudy Salim, dalam sebuah kesempatan enggan mendetailkan harga dari model 3 yang meluncur bulan lalu. "Perkiraannya di atas Rp1 miliar," ujarnya kepada awak media.

Reputasi kendaraan listrik ini menggoda sejumlah pejabat baik di tingkat menteri maupun anggota DPR. Meski hingga kini baru Ketua DPR, Bambang Soesatyo, yang terlihat menggunakan Tesla model S miliknya dalam keseharian. Sedagkan wacana leasing diutarakan Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, bagi pejabat di departemennya.

Terbitnya dasar regulasi Perpres Nomor 55 Tahun 2019 terkait percepatan kendaraan elektrifikasi Indonesia itu diduga dapat menekan harga mobil listrik asal Amerika Tersebut. Perusahaan taksi Bluebird termasuk salah satu yang berinisiatif menggunakan kendaraan Tesla model X sebagai bagian dari armadanya. Tentu, dengan penghitungan cermat mengenai pengoperasiannya.

Keunggulan biaya operasional alias ongkos perjalanan mobil listrik secara keseharian pun dianggap sebagai investasi yang sebanding dengan harga jual mobil tersebut. Seperti contohnya model X tipe 75D yang dipasarkan oleh Prestige Image Motorcars, yang memiliki daya jelajah hingga 383 km.

 Bluebird Tesla X (Okezone.com/Heru Haryono)

Mengacu pada daya paket baterai 75 kWh yang terdapat pada mobil itu, kendaraan ini dapat melaju sejauh 5,1 km untuk setiap kWh yang dikeluarkan. Dengan menggunakan tarif dasar listrik PLN untuk rumah tangga menengah sebesar Rp 1.467/Kwh sebagai patokan, berarti biaya per kilometer perjalanan mobil itu hanya menghabiskan 0,196 kWH dengan tarif Rp287,6.

Pengisian daya ulang baterai kendaraan tersebut untuk menempuh daya jelajah optimal, hanya membuat pemilik mobil mengeluarkan dana sekitar Rp110 ribu. Nilai keekonomisan tersebut menjadi ukuran keunggulan mobil keluaran Tesla selain kelengkapan fitur teknologi yang dimilikinya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini