nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Motor Listrik Berkekuatan 70 Hp Ini Jadi Andalan Polisi di Amerika Serikat

Medikantyo, Jurnalis · Minggu 15 September 2019 22:51 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 09 15 53 2105186 motor-listrik-berkekuatan-70-hp-ini-jadi-andalan-polisi-di-amerika-serikat-Yeo5mC4Ka2.jpg Polisi di Arizona, Amerika Serikat gunakan motor patroli Zero (Foto: Okezone.com/Istimewa)

PHOENIX - Inspirasi untuk beralih menggunakan kendaraan listrik bisa muncul dari berbagai instansi, termasuk petugas kepolisian. Awal bulan ini, aparat kepolisian di wilayah Arizona, Amerika Serikat mengumumkan rencana pemakaian model Zero DSR sebagai motor patroli.

Departemen kepolisian setempat menilai pemakaian motor listrik bisa membantu petugas menekan angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas. Utamanya, melalui kegiatan patroli dan edukasi berkendara dengan menggunakan motor patroli ini.

 Zero DSR

Varian motor Zero DSR yang digunakan merupakan modifikasi dari versi sipil, yang beredar sejak 2016 lalu. Kendaraan ini berbekal paket baterai dengan daya mencapai 14,4 kWh dengan jarak jelajah ideal mencapai 169 Km dalam keadaan tenaga tersedia penuh.

Kekuatan motor sebesar 70 Hp serta torsi maksimal mencapai 157 Nm, sendiri terbilang mumpuni untuk menunjang tugas patroli kepolisian. Jika dipacu maksimal motor ini dapat mencatat kecepatan hingga 164 Kpj berdasarkan informasi yang diunggah dalam laman Zero Motorcycle.

 Motor Listrik Polisi

Terdapat sejumlah keunggulan yang diperkirakan membuat Zero DRS terpilih sebagai motor patroli kepolisian setempat. Yakni, tidak adanya pemindahan transmisi membuat pengendara lebih leluasa dalam bermanuver. Ditambah, kemampuan motor ini untuk menjelajah di trek off-road maupun aspal jalanan besar.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini