Ini Dia 10 Merek Mobil yang Belum Pernah Anda Dengar!

Ardimo Harsa, Jurnalis · Senin 16 September 2019 14:56 WIB
https: img.okezone.com content 2019 09 16 52 2105429 ini-dia-10-merek-mobil-yang-belum-pernah-anda-dengar-sieiwuXOmD.jpg Produsen seperti Bristol Cars jarang terdengar di ranah otomotif dunia (Foto: Okezone.com/Istimewa)

JAKARTA - Ranah industri otomotif dipenuhi beragam merk mobil dari berbagai penjuru dunia. Selain merek besar yang terkenal di seluruh dunia, terdapat perusahaan pembuat mobil yang menginduk kepada produsen lain. Deretan merek lain kini tinggal nama, karena berbagai faktor yang membuatnya harus gulung tikar.

Ribuan merek mobil yang ada di dunia. Namun, beberapa perusahaan mobil terdengar unik dan layak untuk diketahui bagi para pecinta otomotif. Perusahaan-perusahaan ini mungkin tak sebesar Toyota, Ford, atau Volkswagen. Namun, para produsen ini memiliki lini kendaraan andalan unik atau bersejarah yang patut untuk dikulik. Berikut daftar merek-merek tersebut, seperti dirangkum oleh Okezone Otomotif dari laman Carbuzz.

1. Tramontana

Perusahaan yang berbasis di Barcelona, Spanyol ini dikenal sebagai pembuat supercar dengan desain ala mobil Formula 1. Mereka juga dikenal penuh detail dalam mendesain dan membuat mobilnya. Mereka mengklaim tak ada satu pun mobil yang dibuat sama dan mereka dapat menghabiskan waktu hingga 4,000 jam untuk merakitnya karena mobil-mobil ini dibuat khusus untuk pelanggan.

 Tramontana

Dibuat sesuai pesanan, Anda tak bisa sembarangan memesan mobil ini walaupun memiliki uang berlimpah karena Tremontana tak hanya memilih pembelinya berdasar uang, tapi juga kualitas dari konsumen mereka. Tramontana mengandalkan model GT dan XTR dengan mesin V12 buatan Mercedes-Benz berkapasitas 5.5 liter. Modifikasi dilakukan oleh para teknisi yang terkenal membuat mesin untuk mobil balap. Kombinasi mesin dan desain aerodinamis membuat mobil ini memiliki traksi maksimal dan mampu melaju dari 0-100 km/jam dalam waktu kurang dari 10 detik

2. Ultima Sports

Pabrikan asal Inggris ini terkenal kerap memecahkan rekor dengan mobil andalannya yaitu Ultima GTR. Kendaraan ini diklaim mampu berakselerasi dari 0-100 km/jam dan berdeselerasi dari 100-0 km/jam dalam 9.4 detik. Mobil ini tersedia dalam bentuk rakitan yang dapat dibangun sendiri dengan suku cadang yang disediakan Ultima. Tetapi, jika anda tinggal di Britania Raya, versi yang sudah dirakit oleh pabrik tersedia.

 Ultima GTR

Supercar ini sendiri ditenagai oleh mesin dari American Speed yang berbasis dari blok berukuran kecil Chevrolet berkonfigurasi V8. Dengan tenaga hingga 720 Hp, mobil ini tentu hanya bisa ditaklukkan oleh mereka yang terlatih.

3. Fornasari Automobilia

Dibentuk pada 1999 oleh Gigi Fornasari, anggota generasi keluarga pembalap era 1950-an, Fornasari Automobilia dikenal dengan desain mobilnya karena terlihat sebagai kombinasi dari beberapa mobil ataupun terinspirasi dari model lainnya.

 Fornasari

Fornasari, terlepas dari pandangan tersebut, memiliki reputasi sebagai pionir mobil grand tourer dengan ground clearence yang tinggi. Produsen tersebut juga menaruh tenaga besar dalam seri RR600nya yang dapat menyemburkan tenaga 600 Hp. Tenaga besar ini sendiri datang dari mesin V8 buatan Chevrolet.

4. Yulon

Banyak perusahaan otomotif dari Asia yang namanya kini mendunia dan biasanya merk-merk tersebut datang dari Jepang atau Korea Selatan. Namun, salah satu negara Asia Timur lain yakni Taiwan juga memiliki produsen mobil sendiri. Perusahaan itu bernama Yulon yang turut memiliki reputasi di Jepang karena kerja samanya dengan Nissan sejak 1957.

Yulon Taiwan

Kerja sama itu memungkinkan Yulon untuk merakit mobil Nissan dengan lisensi dari perusahaan Jepang tersebut. Yulon juga mendapat bantuan dan dilindungi oleh pemerintah Taiwan. Namun, Nissan bukan menjadi merk pertama yang menjalin ikatan dengan Yulon. Pada 1956 silam, Willys sebagai produsen Jeep bekerja sama dengan Yulon untuk membuat kendaraan versi mereka sendiri.

5. Donkervoort

Donkervoort terkenal sebagai perusahaan yang membuat mobil yang ringan dan kencang. Perusahaan ini memulai bisnisnya ketika Joop Donkervoort membuat mobil berbasis dari Caterham 7 pada 1978.

 Donkervoort

Donkervoort masih membuat mobil dengan desain tak berbeda jauh memasuki 40 tahun usianya. Produk terbarunya, D8 GTO, masih dirakit dengan tangan dan memiliki bobot 680 kg serta dapat berakselerasi 0-100 km/jam dalam 2.8 detik. Mobil ini dapat mencapai kecepatan 200 km/jam dalam 8.6 detik

6. Sungri

Jurang teknologi industri otomotif terlihat jelas di Semenanjung Korea. Korea Selatan menonjol dengan produsen seperti Hyundai dan KIA. Namun, Korea Utara jauh tertinggal dengan jenama perusahaan mobil, Sungri. Merek mobil dari negara pimpinan Kim Jong-Un tersebut muncul sejak 1950 dan menjadi merek mobil tertua dan terbesar Korea Utara.  

Sungri

Berdasarkan gambar-gambar mobil ini yang tak banyak, sejumlah pengamat otomotif berpendapat bahwa Sungri kerap menjiplak desain mobil produsen lain. Namun, performa kendaraan mereka berada jauh di bawah standar performa lini kendaraan masa kini.

7. Panoz

Don Panoz, pemilik perusahaan farmasi, memulai perusahaan mobilnya pada 1988 dengan membeli desain sasis mobil balap dari Irlandia. Berdasar pengembangan desain kendaraan tersebut, kemudian muncul Panoz Roadster. Dalam usaha pemasarannya pada 1990 lalu, Roadster itu diklaim memberi rasa nyaman dalam berkendara pada kecepatan tinggi.

Panoz

Kiprah Panoz tidak berhenti pada sektor manufaktur. Perusahaan ini banyak melibatkan mobil buatannya dalam balap ketahanan mobil 24 Hours of Le Mans di Prancis. Panoz juga mengembangkan seri balap ketahanan American Le Mans Series, hingga membeli beberapa sirkuit untuk mendirikan sekolah balap..

8. Via Motors

Via Motors adalah perusahaan mobil asal Amerika yang berfokus di kendaraan listrik. Mereka dikenal sebagai pembuat pick-up, van, dan SUV listrik. Perusahaan ini sendiri telah menandatangani kontrak untuk menjadi penyuplai armada kendaraan bagi perusahaan Pacific Gas and Electric. Tak tanggung-tanggung, mereka akan menyuplai 13 ribu kendaraan.

Via Trucks

Perusahaan yang dibentuk pada 2010 ini sendiri merekrut figur berpengalaman dalam jajaran pimpinan mereka. Bob Lutz, mantan Wakil Direktur General Motors bergabung sebagai direktur utama pada 2011 lalu.

9. Bristol Cars

Bagi pecinta sejarah otomotif, nama Bristol semestinya sudah tak asing di telinga. Perusahaan yang juga membuat pesawat ini ternyata masih eksis saat ini. Bristol yang asli memang telah bangkrut sejak 2011, namun perusahaan baru dengan nama serupa melanjutkan panji perusahaan yang telah ada sejak 1945 tersebut. Perusahaan baru ini kini menjual dan merestorasi mobil-mobil merek Bristol di showroomnya di kawasan London, Inggirs.

Bristol Cars

Rencana untuk membangun lini produk sendiri muncul dari Bristol pada 2015 lalu dengan tajuk model Bullet, serta meluncurkannya pada festival Goodwood 2016. Sayangnya perkembangan model itu tak lagi terdengar hingga muncul dugaan perusahaan ini berhenti beroperasi.

10. Sabra

Sabra adalah merek sports car dari perusahaan mobil pertama asal Israel, Autocars Co Ltd, dan merupakan satu-satunya perusahaan sports car asal Israel. Jika diartikan, kata Sabra sendiri dapat berarti “lahir di Israel” atau “kaktus.” Ini mengapa logo merek ini menggunakan gambar kaktus.

Sabra

Yitzhak Shubinski memulai produksi Sabra dengan membeli hak desain body fiberglass dari perusahaan Ashley dari Inggris dan sasis dari insinyur asal Inggris bernama Leslie Bellamy. Bodi dan sasis tersebut  berpadu dengan mesin 1.7 liter keluaran Ford & Reliant. Tercatat, ada 379 mobil yang dibuat dengan 144 unit untuk pasar Amerika dan 81 diketahui terjual di Belgia. Dari semua mobil tersebut, saat ini hanya tinggal 100 mobil yang diketahui masih ada.

1
4

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini