nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mercedes Benz Suntikkan Teknologi Otonom pada Seri S-Class

Ilham Satria Fikriansyah, Jurnalis · Senin 16 September 2019 21:32 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 09 16 52 2105655 mercedes-benz-suntikkan-teknologi-otonom-pada-seri-s-class-FCeij0Z7wn.jpg Mercedes Benz S-Class (Foto: Carscoops)

JERMAN - Mobil dengan kemudi otomatis atau dikenal sebagai mobil otonom saat ini mulai gencar dikembangkan oleh beberapa perusahaan otomotif, salah satunya yakni Mercedes-Benz.

Produsen otomotif asal Jerman tersebut berencana untuk mengembangkan mobil otonom yang akan diusung pada seri S-Class. Mobil otonom ini rencananya akan dirilis pada tahun 2020 mendatang.

 Mobil otonom

Melansir dari laman carscoops, pihak Mercedes-Benz mengklaim bahwa mobil seri S-Class terbarunya nanti akan menjadi mobil pertama di pasaran yang memiliki teknologi mengemudi otonom di level 3.

Pada tingkatan mengemudi otonom di level 3, seorang pengemudi diperbolehkan untuk melepaskan tangannya dari setir kemudi bahkan tidak harus memerhatikan jalan di depan. Hal ini memberikan kesempatan bagi para pengemudi untuk membaca, menonton hingga menikmati makanan.

Namun apabila terjadi keadaan darurat, pengemudi tetap dianjurkan untuk memegang setir kemudi agar dapat mengendarai mobilnya secara manual.

 Mobil otonom

Saat ini Mercedes-Benz sedang bersaing dengan beberapa kompetitornya dalam mengembangkan mobil otonom, salah satunya Tesla. Meskipun saat ini mobil keluaran Tesla masih masuk ke dalam level 2, namun pihaknya mengklaim memiliki perangkat keras yang dapat mengusung teknologi mengemudi otonom di level 5.

Selain itu, Audi juga memiliki mobil otonom di level 3 yakni pada seri Audi A8 terbaru. Namun mobil ini hanya dipasarkan di Eropa dan belum bisa meluncur di Amerika Serikat terkait adanya hambatan dalam regulasi.

 Mobil otonom

Tak hanya mengusung teknologi terbaru, Mercedes-Benz juga menawarkan tampilan yang lebih ekslusif dengan mengusung bumper yang baru serta lampu depan dan belakang pada mobil menyerupai dengan seri CLS.

Pada bagian interior akan disematkan dua layar sentuh yang berukuran cukup besar, hal ini untuk memberikan sarana hiburan bagi penumpang. Serta pada layar yang satunya lagi ditempatkan di bagian depan setir kemudi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini