nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Masuk Bursa Lelang, Chevrolet Camaro Listrik Ini Tak Dilirik Pembeli

Ardimo Harsa, Jurnalis · Senin 16 September 2019 22:04 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 09 16 52 2105664 masuk-bursa-lelang-chevrolet-camaro-listrik-ini-tak-dilirik-pembeli-p7Jgur8FHF.jpg Chevrolet Camaro bertenaga listrik (foto: Ist)

NEW YORK - Mobil drag race elektrik buatan Chevrolet yaitu eCOPO Camaro yang bulan lalu dilelang di pameran Monterey Car Week ternyata gagal mendapat pemilik baru. Seperti dilaporkan Carbuzz, mobil yang diperkirakan berharga sekitar 425 ribu – 525 ribu dolar Amerika (sekitar 5.9 – 7.3 milyar Rupiah) itu dinyatakan oleh rumah lelang Russo and Steele tak diminati oleh pembeli. Ada apa?

Secara performa, mobil listrik ini padahal sungguh menggoda. Ia mampu menempuh jarak 402 meter di lintasan drag race dalam wakt 9.51 detik dengan kecepatan 225 km/jam. Catatan waktu ini diketahui lebih cepat dari Dodge Demon yang memegang catatan waktu sebagai mobil produksi tercepat di lintasan 402 meter dengan waktu 9.61 detik.

 Camaro listrik

Spesifikasinya pun tak kalah hebat. Dengan motor listrik bertegangan 800 volt, mobil ini dapat mengeluarkan tenaga 700 dk dengan torsi 813 nm. Untuk menyimpan daya, mobil ini juga dilengkapi 4 baterai bertegangan 200 volt yang terletak di bagian belakang mobil.

 Camaro listrik

Di sektor lain, mobil ini menggunakan transmisi, sistem penggerak, dan suspensi yang sama dengan varian bensinnya yaitu COPO Camaro T400. Chevrolet bekerjasama dengan rumah modifikasi Hancock and Lane Racing untuk membuat mobil drag race elektrik ini.

Dengan spesifikasi dan performa yang tak berbeda jauh, apa yang membuat mobil ini tak laku? Ternyata, bukanlah harga yang menjadi penyebab mobil ini tak dilirik pembeli. Diduga, penyebab mobil ini tak begitu diminati adalah karena suaranya. Karena tak menggunakan mesin V8 seperti mobil drag race pada umumnya, eCOPO Camaro ini memang memiliki suara yang berbeda. Carbuzz sendiri menyebut suara mobil ini justru lebih mirip suara mesin penyedot debu bertenaga tinggi.

 Camaro Listrik

Gagalnya eCOPO Camaro mendapatkan pembeli sepertinya menjadi lampu kuning bagi para pabrikan yang ingin menanamkan motor listrik ke muscle carnya. Chevrolet sendiri menyatakan masih ragu apakah ingin menggunakan mesin hybrid atau mesin listrik di Camaro generasi terbarunya walaupun pesaingnya, Ford, menyatakan siap membuat Mustang versi hybrid.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini