nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bugatti Paling Langka di Dunia, Ditaksir Seharga Rp57 Miliar

Medikantyo, Jurnalis · Senin 16 September 2019 23:41 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 09 16 52 2105672 bugatti-paling-langka-di-dunia-ditaksir-seharga-rp57-miliar-dDdJH0gqrk.jpg Model Bugatti type 55 terbilang legendaris berkat partisipasinya pada ajang balap ketahanan Le Mans 24 jam (Foto: Okezone.com/Istimewa)

PARIS - Sejarah perkembangan industri otomotif mencatat keputusan produsen untuk menghasilkan model khusus dalam jumlah terbatas. Tak terkecuali dengan Bugatti, yang memproduksi tipe 55 sebanyak 38 buah saja pada era 1930an.

Salah satu unit kendaraan yang masih bertahan bersiap untuk dilelang oleh rumah lelang Bonhams di Prancis, tahun depan. Kisah menarik yang berkaitan dengan mobil ini adalah keterlibatannya pada ajang balap ketahanan 24 jam Le Mans edisi 1932 silam.

 Bugatti Type 55

Sayang kendaraan ini gagal mencapai garis akhir meski dikendarai dua pembalap legendaris dalam sejarah Bugatti, Louis Chiron dan Guy Bouriat-Quintart. Masalah kerusakan pada tangki bahan bakar menyebabkan mereka tak dapat menyelesaikan balapan.

Kendaraan berusia 87 tahun ini uniknya, diklaim masih mempertahankan model mesin asli berteknologi twin-cam supercharged delapan silinder berkapasitas 2,3 L. Mobil ini dapat menyentuh kecepatan 185 Kpj pada masa jayanya.

Unit kendaraan yang akan dilelang kali ini memiliki nomor sasis 55221 yang sudah terkonfirmasi oleh pihak rumah lelang. Modifikasi selepas balapan membuatnya tampil sebagai kendaraan berkapasitas dua penumpang.

Sebelum sampai di tangan Bonham, mobil ini sempat mendapat restorasi cukup signifikan. Salah satunya dikarenakan kecelakaan lalu lintas yang untungnya tidak mengorbankan sebagian besar komponen mesin. Mobil ini bahkan selamat dari kekejaman perang dunia kedua, tidak seperti kebanyakan model sejenisnya.

 Bugatti Type 55

Bonham tidak mematok target harga dalam pelelangan model Bugatti tipe 55 tersebut. Meski dalam beberapa sejarah lelang jenis mobil serupa harganya tembus di angka USD4,07 juta (Rp57,2 miliar) saat kali terakhir terjual dalam ajang lelang pada 2018 lalu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini