nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Modifikasi Mobil Bertampang Gagah yang Kini Tak Miliki Suara Mesin

Ardimo Harsa, Jurnalis · Selasa 17 September 2019 16:11 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 09 17 312 2105957 modifikasi-mobil-bertempang-gagah-yang-kini-tak-miliki-suara-mesin-fbwzk4h9Xa.jpg Toyota Land Cruiser (foto: Ist)


NEW YORK - Diantara aliran modifikasi yang banyak berkembang, Toyota Land Cruiser klasik satu ini justru tidak melakukan ubahan di sektor eksterior maupun interior. Langkah engine swap pun dilakukan, dengan mengganti mesin internal combution engine (ICE) menggunakan motor listrik.

Otak dibalik ubahan mesin ICE dengan motor listrik dilakukan oleh rumah modifikasi  Electric GT yang berani mengubah Toyota Land Cruiser FJ40 tahun 1970 menggunakan motor listrik. Untuk melakukan Proyek mengubah mesin Land Cruiser ini ke motor listrik sendiri telah dikerjakan Electric GT sejak awal tahun lalu.

 Toyota Land Cruiser

Tren mengubah mesin mobil-mobil klasik dengan motor elektrik mungkin tidak disukai beberapa pecinta otomotif. Walau memiliki beberapa keuntungan seperti torsi yang instan, suara mesin yang lebih hening, dan nol emisi, konversi ke motor listrik akan menghilangkan suara khas mesin bensin. Selain itu, proses konversi ini juga tidak mudah. Biaya yang tinggi juga jadi penghalang bagi mereka yang tertarik untuk melakukan modifikasi ini.

 Toyota Land Cruiser

Electric GT sendiri melakukan inovasi dengan membentuk motor listrik mereka seperti mesin V8 yang diklaim akan memudahkan proses konversi ke motor listrik. Motor listrik tersebut kemudian dihubungkan ke transmisi mobil yang dikenal di Indonesia dengan sebutan Hardtop ini. Kemudian proses konversi berlanjut dengan memasang kabel-kabel dan baterai, yang tidak disertakan Electric GT.

Dilansir Motorious, nantinya akan tersedia dua jenis mesin bagi FJ40 ini. Versi dengan satu motor listrik menghasilkan 140 dk dan torsi 325 nm dan versi dua motor menghasilkan 240 dk dan torsi 460 nm.

 Toyota Land Cruiser

Electric GT sendiri dikenal sebagai rumah modifikasi yang kerap mengubah mesin mobil-mobil klasik seperti Ferrari 308 dan Ford Mustang menjadi mesin listrik.

Kesuksesan proyek konversi ini nantinya akan menjadi modal berharga bagi tim Electric GT yang berencana akan melakukan konversi ke Toyota Land Cruiser berkodi bode J60. Bagi Anda yang tertarik untuk melakukan konversi ini, sayangnya masih harus bersabar. Electric GT menyatakan bahwa mesin listrik mereka masih dalam pengembangan sehingga belum diketahui pasti waktu rilis dan harga dari mesin listrik ini.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini