nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Prediksi Bos Jaguar Land Rover soal Mobil Listrik yang Jamin Bikin Ciut

Ardimo Harsa, Jurnalis · Selasa 17 September 2019 18:40 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 09 17 52 2106051 prediksi-bos-jaguar-land-rover-soal-mobil-listrik-yang-jamin-bikin-ciut-aNfRtwZt3C.jpg Jaguar Land Rover (foto: Ist)

LONDON - CEO Jaguar Land Rover, Ralf Speth, menyatakan bahwa harga mobil listrik dalam 3-5 tahun ke depan masih akan terlalu mahal untuk kebanyakan orang. Pernyataan ini disampaikannya dalam wawancara bersama Autocar, seperti dikutip dari motor1. Prediksi ini tentu akan bikin konsumen ciut miliki mobil listrik. 

Menurutnya, salah satu faktor mengapa mobil listrik masih terlalu mahal adalah infrastruktur bagi mobil listrik yang dianggapnya masih belum sempurna. “Harga mobil listrik saat ini masih terlalu tinggi karena jika kami ingin membuat kendaraan yang memiliki jarak tempuh yang tinggi, kami masih harus memasang baterai besar untuk berjaga-jaga jika Anda tidak bisa mengisi ulang baterainya. Jika anda bisa mengisi ulang baterai dengan mudah, maka kami bisa memasang baterai yang lebih kecil dan menurunkan biaya produksi,” tukasnya.

 Mobil listrik Jaguar

Ia menambahkan bahwa walau mobil listrik akan menjadi masa depan industri otomotif, satu hal yang terpenting baginya adalah integrasi jaringan stasiun pengisian listrik yang akan terjadi seiring dengan bertambahnya kebutuhan publik akan pengisian daya bagi kendaraannya.

 Jaguar Land Rover

Speth memperkirakan bahwa dalam 3 hingga 5 tahun ke depan harga mobil listrik masih akan tetap tinggi untuk kebanyakan konsumen. Dijelaskannya, harga mobil listrik baru akan turun jika sudah lebih banyak stasiun pengisian listrik. Stasiun pengisian listrik ini juga harus terstandarisasi dan mampu memberikan pengisian daya yang lebih cepat. “Anda butuh stasiun pengisian listrik yang tersebar di penjuru negeri, tidak hanya di kota besar seperti London” pungkasnya.

Pernyataan Speth bukan tanpa alasan. Walau menyumbang sekitar 9 hingga 10 persen jumlah mobil yang dijual oleh Jaguar, i-Pace, mobil listrik pertama dari pabrikan Inggris ini merupakan mobil termahal nomor 2 yang dijual mereka di Amerika Serikat.

 Mobil listrik Jaguar Land Rover

Dengan harga jual sekitar 69,500 dolar Amerika (sekitar 978 juta Rupiah,) harga i-Pace hanya beda tipis dengan XJ yang merupakan model termahal Jaguar di Amerika. XJ sendiri dijual dengan harga 76,000 dolar Amerika (setara 1.070 milyar Rupiah.)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini