nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pertahankan Identitas, Desainer Nissan Enggan Rombak Total Juke Terbaru

Medikantyo, Jurnalis · Selasa 17 September 2019 23:46 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 09 17 52 2106134 pertahanjan-identitas-desainer-nissan-enggan-rombak-total-juke-terbaru-CLs614t3Ab.jpg Pembaruan model Nissan Juke hadir usai peluncuran edisi perdana pada 2010 (Foto: Okezone.com/Istimewa)

LONDON - Penyegaran model crossover Nissan Juke dengan peluncuran generasi keduanya pada awal bulan ini. Perombakan masif terlihat dari beberapa aspek baik dari segi tampilan hingga teknologi yang menyertai interiornya. Namun, produsen asal Jepang itu mempertahankan banyak ciri khas dari edisi perdana terutama, utamanya dari segi desain.

Keinginan untuk merombak bentuk keseluruhan dari Nissan Juke pada generasi kedua ini sempat muncul dalam benak segenap tim desain Nissan. Hal tersebut diungkapkan oleh pimpinan Divisi Desain Nissan Eropa, Matt Weaver.

Nissan Juke 

Perombakan secara besar-besaran menurutnya dapat mengurangi kekuatan serta identitas yang sudah terbangun dari model tersebut. "Ada pertanyaan mengenai bagaimana hasilnya jika kami menyusun kendaraan ini dengan sudut berbeda. Namun, ada banyak material penting dari generasi pertama yang dapat menjadi bekal untuk rancangan kami," kata Weaver.

Generasi kedua dari Nissan Juke memiliki ukuran panjang 4.210 mm, tinggi 1.595 mm, dan lebar 1.800 mm. Dimensi tersebut lebih panjang 85 mm serta lebih lebar 170 mm dibandingkan generasi pendahulunya. Sementara, jarak antar sumbu rodanya berkisar 105 mm lebih panjang dari edisi sebelumnya.

Pengaruh dari penambahan ukuran tersebut dapat dirasakan oleh para penumpang di baris kedua kendaraan lima pintu ini. Nissan mengklaim ruang kaki bagi para penumpang bertambah sebesar 58 mm. Sedangkan kapasitas bagasinya meningkat menjadi 422 liter dari 354 liter di edisi sebelumnya.

Model generasi kedua sendiri dari segi performa hanya memiliki satu pilihan mesin, yakni tipe tiga silinder turbo berkapasitas 1.0 L. Mesin tersebut memiliki kekuatan maksimal 115 Hp, yang tersalur melalui pilihan transmisi manual enam percepatan atau otomatis tujuh percepatan.

 Nissan Juke

Pusat informasi dan hiburan kendaraan ini berpusat pada layar sentuh berukuran delapan inci, yang memiliki konektivitas Apple CarPlay dan Android Auto. Kendaraan ini secara resmi meluncur kepada konsumen di Eropa pada November nanti.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini