nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Produsen Ban Michelin Diam-Diam Sentuh Dunia Kuliner

Ardimo Harsa, Jurnalis · Rabu 18 September 2019 20:01 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 09 18 52 2106481 produsen-ban-michelin-diam-diam-sentuh-dunia-kuliner-wnuJFYe7lQ.jpg Buku panduan produsen ban Michelin (foto: Yoshikazu Kuno)

JAKARTA - Michelin tentu bukan nama asing di dunia otomotif. Perusahaan asal Perancis ini terkenal sebagai pabrikan ban yang produknya tak hanya dipakai oleh konsumen umum, tapi juga di dunia motorsport.

Tapi nama Michelin ternyata tak hanya ngetop di otomotif. Mereka juga terkenal di dunia kuliner lewat buku panduan bernama Michelin Guide.

 Ban Michelin

Dikutip dari caradvice, Michelin Guide sendiri adalah suatu buku panduan kuliner yang telah dibuat oleh Michelin sejak 1900. Mulanya, buku ini dibuat oleh Eduoard dan Andre Michelin, dua bersaudara pendiri Michelin sebagai sarana untuk meningkatkan penjualan ban mobil mereka.

Pada saat itu, tercatat hanya ada 3000 mobil di seantero Perancis. Dengan minimnya prasarana otomotif dan terbatasnya informasi wisata saat itu, para pemilik mobil merasa takut untuk membawa mobilnya berjalan jauh.

 Ban Michelin

Lalu Michelin bersaudara menciptakan Michelin Guide yang bertujuan untuk mendorong para pemilik mobil untuk menggunakan mobilnya untuk berwisata. Buku ini sendiri berisikan peta yang lengkap dengan lokasi bengkel, hotel, dan restoran, bahkan juga cara mengganti ban mobil.

Michelin Guide sendiri terus berkembang dari waktu ke waktu. Pada 1926, mereka mulai merekrut beberapa orang untuk mengulas dan memberi nilai pada restoran-restoran yang disinggahinya. Penilaian ini akhirnya disebut “Michelin Stars” atau Bintang Michelin.

 salah satu restoran rekomendasi Michelin

Michelin Stars dianggap sebagai salah satu penilaian restoran paling prestisius di dunia saat ini. Restoran yang mendapat satu Bintang Michelin berarti “restoran yang sangat bagus,” bintang dua berarti “restoran dengan masakan luar biasa yang layak disinggahi,” dan bintang tiga berarti “restoran dengan masakan luar biasa yang layak didatangi untuk perjalanan special.” Penilaian ini diberikan oleh para pengulas anonim dan diperbaharui tiap tahun.

 Kuliner rekomendasi Michelin

Tak sembarang restoran dapat meraih satu Bintang Michelin, lebih-lebih tiga. Tercatat, hanya ada 133 restoran di seluruh dunia yang mendapat penilaian tiga bintang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini