Touring 12 Negara, Mobil Listrik Bikinan Tiongkok Pecahkan Rekor Dunia

Ardimo Harsa, Jurnalis · Rabu 18 September 2019 19:52 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 09 18 52 2106508 touring-12-negara-mobil-listrik-bikinan-tiongkok-pecahkan-rekor-dunia-GB7UtAaRfo.jpg Mobil listrik Aiways U5 pecahkan rekor dunia (foto: Ist)

FRANKFURT – Perusahaan mobil listrik asal Tiongkok, Aiways, baru-baru ini memecahkan rekor Guinness World Record untuk perjalanan terjauh yang dilakukan dengan mobil listrik prototype.

Aiways memecahkan rekor ini lewat model crossover terbaru mereka yaitu U5 yang berhasil menempuh perjalanan sejauh 15,022 km melewati 12 negara. Memulai perjalanan dari kota Xi’an, Tiongkok yang dikenal sebagai awal dari Jalur Sutera pada 17 Juli, kedua mobil ini sukses mencapai kota Frankfurt, Jerman pada 7 September.

 Mobil China

Dikutip dari caradvice, wakil eksekutif Aiways bagian operasional internasional Alexander Klose mengatakan bahwa perjalanan ini menjadi bukti kemampuan Aiways mengembangkan sebuah SUV listrik yang mampu menempuh jarak ratusan km sekali cas dan mampu melewati berbagai jalur menantang. Ia juga menambahkan bahwa ini menjadi pembuktian kualitas U5 dan kecocokannya untuk konsumen Eropa.

 Mobil listrik China

Perjalanan dari Xi’an ke Frankfurt sendiri bukanlah perjalanan mudah. Mobil ini harus melewati beberapa medan ekstrem seperti Gurun Gobi di Tiongkok, padang rumput Kazakhstan, dan Pegunungan Ural Selatan di Rusia.

Tak hanya itu, mobil ini juga mesti berhadapan dengan minimnya infrastruktur pengisian daya yang minim di daerah-daerah tersebut. Begitu pula dengan standar voltase yang berbeda di tiap negara. Namun, mobil ini tak bermasalah dengan kedua hal tersebut.

 Mobil listrik China

Mengenai spesifikasi, U5 memiliki dimensi panjang 4680mm, lebar 1880mm, dan wheelbase sepanjang 2800mm. Dimensi ini membuatnya seukuran dengan Volkswagen Tiguan Allspace.

Soal dapur pacu, Aiways U5 dilengkapi motor listrik bertenaga 190 dk dengan torsi hingga 315 nm yang menyalurkan tenaga ke roda depan. Dengan bobot 1730kg, mobil ini berbobot sama dengan Toyota RAV4 hybird.

U5 menggunakan baterai sebesar 65 kWh dan diklaim mampu menempuh jarak 460 km dalam sekali pengisian. Konsumen dapat membeli baterai tambahan yang akan menambah jarak tempuh mobil listrik ini menjadi 560 km.

 Mobil listrik China

Satu fitur unik dari U5 adalah fitur kamera yang didesain untuk mengenali wajah pengemudi. Ketika kamera mendeteksi pengemudi sedang mengantuk, sistem mobil akan mengingatkan pengemudi untuk berhenti dan beristirahat.

Perusahaan Tiongkok yang dibentuk tahun 2017 oleh Fu Qiang dan Gu Feng ini juga tak main-main ingin menembus pasar Eropa. Walau belum memproduksi kendaraan hingga saat ini, mereka tengah menyiapkan diri untuk memasuki pasar Eropa Barat tahun depan. Dengan modal sebesar 2.4 milyar dolar Australia (kira-kira 23 triliun Rupiah,) rasanya tak sulit bagi Aiways untuk menembus pasar Eropa.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini