nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mercedes Benz Ajak Konsumen Beli Mobil Tak Perlu ke Dealer

Ardimo Harsa, Jurnalis · Rabu 18 September 2019 21:01 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 09 18 52 2106517 mercedes-benz-ajak-konsumen-beli-mobil-tak-perlu-ke-dealer-fV2QtW7mWE.jpg Ilustrasi diler jual mobil Mercedes Benz (foto: Okezone)

MELBOURNE – Mercedes Benz Australia menyatakan siap untuk meninggalkan sistem diler dan mulai menjual mobil mereka secara online. Hal ini diketahui dari wawancara caradvice dengan CEO Mercedes Benz Australia, Horst Von Sanden.

Diberitakan caradvice, Sanden menyatakan bahwa ada konsumen yang tak hanya nyaman berbelanja via online, namun juga ingin membeli mobil secara online. Ketika ditanya apakah Mercedes Benz akan mulai menjual mobil secara online di Australia, Horst menjawab “Tentu saja.”

 Mercedes Benz A-class

Menurutnya, Mercedes-Benz akan mengikuti kemauan konsumen. Jika konsumen ingin membeli kendaraan via online, maka Mercedes-Benz juga akan mengikuti kemauan konsumen.

 Mercedes Benz EQ

Dengan memberi contoh beberapa toko pop-up Mercedes-Benz yang dapat ditemukan di pusat perbelanjaan, ia juga menambahkan bahwa toko fisik masih tetap memegang peranan besar dalam mempertemukan konsumen dengan merk Jerman ini.

Von Sanden kemudian membahas mengenai kafe konsep Mercedes Me yang terletak di Melbourne. Ia menyatakan bahwa Mercedes Me merupakan sebuah konsep yang memungkinkan calon konsumen yang bahkan belum mengenal Mercedes Benz untuk mengenal merk mobil Jerman ini dalam suasana yang rileks dan tanpa tekanan. Ia juga berharap konsep ini bisa menghilangkan stigma negatif calon konsumen terhadap Mercedes-Benz.

Ketika ditanya apakah ia takut jika ke depannya diler fisik hanya menjadi tempat servis dan pengambilan kendaraan baru, Von menjawab bahwa dirinya tidak takut dengan itu. Menurutnya, sebagai merek yang disukai oleh anak muda, ia tak bisa membayangkan hubungan antara konsumen dengan perusahaan tanpa ada perwakilan dari Mercedes-Benz. ia meyakini bahwa diler fisik akan tetap menjadi wajah dari Mercedes-Benz. Ia tidak yakin bahwa Mercedes-Benz akan menjadi merek yang akan menjalankan perusahaan online secara penuh.

 Mercedes Benz

Namun ia menambahkan bahwa andai ada konsumen yang menginginkan pemesanan kendaraan online dan dikirim ke rumah, akan menjadi tugas bagi Mercedes-Benz untuk melakukannya. “Semua tergantung dari keinginan konsumen,” pungkasnya.

Mercedes-Benz sendiri pernah bereksperimen dengan penjualan secara online. Pada 2013, mereka menawarkan city car Smart secara online, walaupun eksperimen ini tidak terlalu sukses karena kurang diminati masyarakat. Faktor harga Smart yang tergolong tinggi untuk sebuah city car dianggap sebagai alasan gagalnya eksperimen ini.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini