nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Wasiat Mendiang Bos Ferrari, Speedster Spesial Berbanderol Rp40 Miliar

Medikantyo, Jurnalis · Kamis 19 September 2019 09:39 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 09 19 52 2106669 wasiat-mendiang-bos-ferrari-speedster-spesial-berbanderol-rp40-miliar-IIJ7WIJFou.jpg Model istimewa Ferrari Monza SP2 merupakan keinginan terakhir mendiang bos produsen tersebut Sergio Marchionne (Foto: Okezone.com/Istimewa)

MONZA - Ada alasan khusus di balik keputusan Ferrari memproduksi model speedster Monza SP2. Kendaraan dengan inspirasi desain dari mobil balap 1960an itu merupakan warisan terakhir mendiang bos Sergio Marchionne, sebelum wafat pada 2018 lalu.

Terciptanya model ini merujuk pada perbincangan Marchionne dengan pimpinan perancang model Ferrari. Seperti dikonfirmasi oleh pimpinan tim desain varian khusus tersebut, Flavio Manzoni, seperti dikutip oleh Autocar.

 Ferrari Monza SP2

Manzoni tidak berpikir rancangan mobil tanpa kaca depan serta bentuk yang cukup eksotis tersebut akan mencapai tahapan produksi. Pasalnya, percakapan dengan mendiang sang bos ketika itu hanya berkaitan dengan selera pribadi desain mobil. "Lalu tercetus kemungkinan kami bisa membuat satu konsep khusus. Dari situ kerja kami bermula," katanya.

Varian istimewa Monza SP2 sendiri memakai dasar produksi serupa dengan model 812 Superfast alias F152M. Gubahan terbesar dilakukan pada bodi bagian depan untuk menonjolkan mobil kencang era 1960an, dan seperti yang sudah disebut, tanpa memasang kaca depan.

Monza SP2 hanya akan diproduksi terbatas sebanyak 500 unit oleh Ferrari, salah satunya karena mobil ini hanya diperuntukkan bagi kegiatan berkendara di trek. Meskipun, rancangan interior kendaraan ini dirancang agar nyaman ditempati oleh dua orang penumpang.

Model yang diproduksi sejak 2018 ini, menggunakan mesin bertipe V12 dengan kapasitas 6.5 L DOHC. Ferrari menyebut kekuatannya mampu mencapai 810 Hp, atau yang terkuat dari deretan V12 produksi mereka selama ini. Torsi sebesar 719 Nm yang tersalur melalui transmisi otomatis tujuh percepatan membuat mobil ini sanggup melaju hingga 300 Kpj.

 Ferrari Monza SP2

Nasib kendaraan istimewa ini sering berakhir di tangan kolektor maupun pelanggan papan atas dari Ferrari. Selain karena digunakan secara terbatas dan memancing perhatian, harga mobil ini juga terbilang istimewa. Produsen asal Italia membanderol coupe kencangnya ini sebesar Rp40,4 miliar.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini