nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Dibekali Teknologi Canggih, Banyak Pemilik Mobil yang Tak Menggunakannya

Ilham Satria Fikriansyah, Jurnalis · Kamis 19 September 2019 19:30 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 09 19 52 2106953 dibekali-teknologi-canggih-banyak-pemilik-mobil-yang-tak-menggunakannya-Njz7jAYWxi.jpg Teknologi mobil canggih (foto: Ist)

AMERIKA SERIKAT - Penggunaan serta pengembangan sistem teknologi yang canggih pada kendaraan pribadi saat ini tentu merupakan sebuah kemajuan dalam bidang otomotif.

Tak hanya mengusung tenaga yang mumpuni, fitur keselamatan dan kenyamanan tetap diutamakan demi menjaga keselamatan pengendara. Saat ini fitur teknologi yang sedang dikembangkan yaitu sistem berkendara otomatis pada kendaraan.

 Teknologi mobil

Namun sebuah lembaga Insurance Institute for Highway Safety (IIHS) mengatakan masih banyak masyarakat yang merasa bingung dan tidak tahu menyeluruh tentang sistem bantuan mengemudi otomatis saat berkendara di jalan raya. Selain itu dalam penelitian tersebut menemukan bahwa banyak pengendara yang masih bingung tentang sistem autopilot milik Tesla.

Melansir dari autoblog.com, dalam melakukan penelitiannya pihak IIHS melakukan survei terhadap beberapa pengendara mengenai sistem mengemudi autopilot dari berbagai produsen otomotif, namun pihak IIHS tidak menyebutkan merek mobil tersebut.

 Teknologi mobil

Dalam surveynya mereka memasukan beberapa sistem mengemudi otomatis yaitu Autopilot (Tesla), Traffic Jam Assist (Audi dan Acura), Super Cruise (Cadillac), Driving Asisstant Plus (BMW) dan ProPilot Assist (Nissan).

Diantara beberapa sistem teknologi diatas, hasilnya menunjukan bahwa masih banyak pengendara yang salah paham mengenai sistem berkendara otomatis pada mobil, termasuk pemahaman sistem autopilot Tesla merupakan yang paling buruk diantara sistem pengemudi autopilot lainnya.

 Mobil Otonom

Sebanyak 48% responden berpikir bahwa tidak masalah jika melepaskan tangan dari setir kemudi saat berkendara menggunakan autopilot Tesla. Sementara 6% responden lainnya merasa aman jika tidur siang dengan sistem autopilot yang aktif.

Namun hal yang menarik ialah hanya 27% responden yang percaya bahwa tidak berbahaya jika melepaskan tangan dari setir kemudi saat menggunakan sistem mengemudi otomatis milik Cadillac, padahal mobil tersebut telah memiliki teknologi hands-free system di mobilnya.

 Mobil teknologi terkini

Dengan hasil survey yang dikeluarkan oleh IIHS menunjukan bahwa masih banyak masyarakat Amerika Serikat yang kurang memahami dan menguasai sistem mengemudi otomoatis. Tentu hal ini sangat memprihatinkan karena kurangnya kesadaran dalam berkendara menggunakan sistem mengemudi otomatis dapat menyebabkan kecelakaan dan merengut korban jiwa.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini