nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Chevrolet Kembangkan Teknologi Rem Baru e-Boost

Ilham Satria Fikriansyah, Jurnalis · Kamis 19 September 2019 20:01 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 09 19 52 2106966 chevrolet-kembangkan-teknologi-rem-baru-e-boost-wZxWoErHdE.jpg Chevrolet Corvette C8 (foto: Ist)

JAKARTA - Chevrolet siap meluncurkan generasi penerus C7 melalui model C8 yang akan meluncur tahun depan.  Produsen otomotif asal Amerika Serikat tersebut mengusung mesin V8 dengan kapasitas sebesar 6.2L, hasilnya mobil ini dapat mengeluarkan tenaga hingga sebesar 495 Hp.

Tak hanya soal mesin yang mumpuni, Chevrolet Corvette generasi kedelapan ini juga mengusung beberapa teknologi serta fitur terbaru. Salah satunya yakni dengan adanya sistem pengereman terbaru pada mobil yang disebut Chevrolet sebagai "eBoost brakes".

 Corvette C8

Chevrolet bekerja sama dengan perusahaan General Motors dalam mengembangkan pengereman eBoost pada Corvette terbaru. Sistem pengereman eBoost brake pada mobil C8 tidak jauh berbeda dengan penggunaan sistem rem brake-by-wire yang kebanyakan digunakan oleh mobil hybrid. Mobil seperti Alfa Romeo Giulia dan Stelvio juga menggunakan sistem brake-by-wire.

 Corvette C8

Terdapat empat komponen didalam sistem pengereman eBoost milik Chevrolet Corvette 2020 yakni master cyilinder, vacuum booster, vacuum pump dan electronic brake control modul yang kemudian keempat komponen tersebut dipadukan menjadi satu. Hal ini memberikan dampak positif pada mobil dengan menghemat lebih banyak ruang serta lebih ringan daripada sistem pengereman konvensional.

Seperti yang dilansir dari autoblog.com, Chevrolet mengklaim bahwa sistem eBoost yang terdapat dalam mobil Corvette terbaru memungkinkan pengendara menggunakan pedal rem yang konsisten di semua kondisi jalan saat mengemudi. Pihak Chevrolet sendiri memberikan tiga opsi pengereman disaat sedang berkendara di jalan raya yaitu Tour, Sport dan Track.

 Corvette C8

Ketiga sistem pengereman tersebut tentu memiliki akselerasi yang berbeda. Pada opsi Tour pengendara akan merasakan nuansa rem yang nyaman seperti berkendara sehari-hari. Untuk opsi Sport, hal ini memberikan lebih banyak lompatan serta rem yang lebih agresif. Sementara pada opsi Track akan memberikan pengereman yang halus dan progresif pada batas pengendara saat di tikungan sehingga dapat melakukan trail-braking.

Dengan adanya sistem pengereman ini, pengendara dapat merasakan kenyamanan dan keselamatan yang lebih terjamin saat berkendara. Sistem pengereman mobil ini diperkirakan akan terus dikembangkan dan tetap menjadi tren bagi mobil sport hingga saat ini.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini