nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Konsumen Mulai Tinggalkan Cara Beli Mobil Konvensional Beralih ke Online

Mufrod, Jurnalis · Kamis 19 September 2019 19:51 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 09 19 52 2106989 konsumen-mulai-tinggalkan-cara-beli-mobil-konvensional-beralih-ke-online-tcmH93Od00.jpg Ilustrasi diler mobil bekas (foto: Ist)

JAKARTA - Industri otomotif nasional mulai berbenah ditengah kemajuan teknologi, tak hanya diler mobil baru yang menawarkan penjualan mobil online. Situs jual beli mobil bekas dan baru juga mulai ramai dikunjungi. Hal ini membuktikan terjadinya peralihan dari konsumen yang berawal dari sistem konvensional menuju digital.

Peralihan konsumen ini diungkap iCar Asia yang mengungkap setiap bulannya terdapat 6 juta orang yang mengunjungi situsnya, dan ada sedikit irisan audiensi yaitu sekitar 20% menurut Similar Web. Jumlah tersebut menjadi peluang besar terus tumbuhnya sistem jual beli online di tanah air yang memudahkan konsumen mendapatkan mobil dengan cara mudah tanpa harus datangi diler.

diler mobil bekas

Peluang besar ini menjadi salah satu momentum bagi iCar untuk terus melebarkan sayap memberikan layanan kemudahan bagi seluruh konsumen sekaligus menumbuhkan pasar otomotif mobil bekas secara nasional.

Dalam bersaing mendapatkan potensi pengunjung yang lebih banyak, salah satu strategi yang dijalankan iCar Asia, yakni dengan melakukan akuisisi salah satu situs jual beli mobil online Carmudi yang sebelumnya menjadi saingan di Indonesia.

Mobil bekas

Situs online tersebut, memiliki bisnis Advertising dan bisnis Lead Generation (menghasilkan calon pembeli potensial) yang melayani perusahaan Manufaktur Kendaraan terkemuka di Indonesia, dengan websitenya yang memiliki 2 juta pengunjung per bulan.

Carmudi saat ini mengoperasikan 5 Pusat Penjualan Mobil offline yang disebut “Carcentro”. Ini adalah platform transaksi untuk dealer mobil bekas dan Perusahaan Pembiayaan kendaraan terkemuka, yang menghasilkan pendapatan berupa Komisi. Ke 5 Carcentro beroperasi di Kota Semarang, Solo, Yogyakarta dan Surabaya.

mobil bekas

Kombinasi Bisnis di Indonesia ini diharapkan akan mendapatkan lebih dari dua kali revenue iCar Asia di Indonesia dengan tingkat pertumbuhan yang meningkat, melalui sinergi ini diharapkan bisnis iCar Asia di Indonesia mencapai titik impas pada tahun 2020.

CEO iCar Asia, Hamish Stone berkomentar: “Kami senang Carmudi Indonesia bergabung dengan iCar Asia dan semakin memperkuat posisi kami di pasar Indonesia di segmen Mobil Baru dan Mobil Bekas. Akuisisi ini mengukuhkan visi kami untuk menjadi platform yang digunakan konsumen untuk menyelesaikan semua kebutuhan otomotif mereka. ”

(muf)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini