nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Siap Tantang C-HR, Honda C-RV Hybrid Siap Mengaspal Tahun Depan

Ardimo Harsa, Jurnalis · Kamis 19 September 2019 21:06 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 09 19 52 2107010 siap-tantang-c-hr-honda-c-rv-hybrid-siap-mengaspal-tahun-depan-vQVCUZBBiX.jpg Honda C-RV hybrid (foto: Ist)

NEW YORK – Kehadiran teknologi hybrid ditengah trend kendaraan listrik turut meramaikan persaingan beberapa model, seperti Honda yang akan meluncurkan CR-V hybrid yang dipersiapkan menjadi penantang Toyota C-HR hybrid. Honda akan meluncurkan C-RV hybrid di Amerika setelah pasar Eropa lebih dulu memasarkannya.

Honda CR-V versi hybrid ini ditawarkan sebagai varian baru untuk model tahun 2020, berdampingan dengan versi non-hybrid yang memiliki beberapa varian yaitu tipe terbawah LX, tipe tengah EX dan EX-L, serta tipe tertinggi Touring. Model 2020 ini sendiri mengalami sedikit ubahan dari CR-V edisi 2019.

 Honda C-RV

Beberapa ubahan tersebut antara lain grill depan dan bumper yang mendapat desain baru, mika lampu belakang yang mendapat aksen gelap dan mendapat ornamen krom gelap di bawahnya, fog lamp LED untuk semua varian kecuali varian LX, pelek desain baru dengan kelir abu-abu gelap berdimensi 18 inci untuk versi EX dan EX-L, juga dua warna baru untuk semua varian yaitu Sonic Gray Pearl dan Radiant Red Metallic. Khusus versi non-hybrid, juga tersedia satu warna baru yaitu Aegean Blue Metallic. Ubahan lain juga terlihat di konsol tengah yang diubah sehingga lebih mudah digunakan.

 Honda C-RV

Khusus varian Touring, ubahan lain juga terlihat di ujung knalpot yang diberi aksen baru. Versi Touring juga menggunakan pelek yang lebih lebar yaitu 19 inci. Selain itu varian Touring juga ketambahan fitur Qi wireless charging yang memungkinkan pengemudi mengisi daya smartphone secara nirkabel.

Versi hybrid sendiri memiliki perbedaan yang cukup signifikan ketimbang versi non-hybrid. Di eksterior ada logo Honda berwarna biru, fog lamp tipe garis dengan 5 LED di tiap sisi, dan logo Hybrid. Selain itu versi hybrid memiliki desain bumper belakang berbeda yang menyembunyikan ujung knalpot. Di segi interior, versi hybrid memiliki layar indikator baterai yang dapat memberitahu kapasitas baterai dan regenerasi tenaga. Selain itu juga di konsol tengah tersedia tombol untuk melakukan pergantian gigi dan tiga mode berkendara: EV, Econ, dan Sport. Selain itu juga ada paddle shift di balik setir untuk mengaktifkan regenerasi energi ketika mengerem. Untuk keamanan, mobil akan memberikan bunyi mesin ke luar sehingga pejalan kaki dapat menyadari jika mobil lewat. Sementara jika masuk ke mode sport, bunyi mesin akan diperdengarkan ke dalam kabin.

 Honda C-RV

Hanya ada 1 pilihan mesin untuk CR-V non hybrid, yaitu mesin 1.5 liter 4 silinder bertenaga 190 dk dan torsi 242 nm. Sementara versi hybrid menggunakan mesin Atkinson berkapasitas 2 liter 4 silinder dengan 2 motor listrik dan baterai yang tersimpan di bawah ruang bagasi. Versi hybrid sendiri juga menggunakan transmisi satu percepatan yang menyalurkan tenaga total 212 dk ke empat roda melalui kopling elektrik. Honda tidak memberi detail berapa figur torsi dari CR-V hybrid versi Amerika ini, namun diketahui versi Eropanya memiliki tenaga 181 dk dan torsi 314 nm.

Honda mengklaim CR-V hybrid memiliki konsumsi BBM lebih hemat 50% dibanding versi non-hybridnya untuk pemakaian dalam kota. Jika dikalkulasi, berarti mobil ini memiliki konsumsi BBM sekitar 17 km/l.

 Honda C-RV hybrid

Tiga pabrik Honda di Amerika disiapkan untuk membuat CR-V hybrid ini: pabrik di Anna, Ohio sebagai pusat produksi mesin, pabrik di Russells Point, Ohio untuk produksi motor listrik, dan pabrik di Greensburg, Indiana sebagai tempat perakitan akhir bersamaan dengan CR-V non hybrid.

Honda mengatakan akan mulai mengirimkan CR-V non hybrid baru ini ke diler mulai akhir tahun ini, sementara versi hybrid akan menyusul di awal 2020. Untuk harga, Honda baru akan mengumumkannya berdekatan dengan tanggal penjualan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini