Mengenal Kadar Kegelapan Kaca Film yang Aman, Saat Berkendara Melewati Kabut Asap

Medikantyo, Jurnalis · Kamis 19 September 2019 15:47 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 09 19 87 2106855 mengenal-kadar-kegelapan-kaca-film-yang-aman-saat-berkendara-melewati-kabut-asap-qjQTMgUcmE.jpg Memilih kaca film dengan kadar kegelapan rendah masih memungkinkan bagi pengendara di wilayah terdampak kabut asap (Foto: Okezone.com/Istimewa)

JAKARTA - Keterbatasan jarak pandang menjadi persoalan bagi pengendara di kawasan terdampak polusi udara berupa kabut asap kebakaran hutan dan lahan. Selain itu, terdapat pertanyaan mengenai mobil dengan aksesoris berupa kaca film yang terpasang dengan tingkat kegelapan tertentu.

Dalam penerapannya mobil yang dipasangi kaca film masih bisa berkendara secara aman melintasi jalur yang terpengaruh kabut asap kebakaran hutan dan lahan. "Untuk kadar kaca depan dengan kegelapan 20 sampai 40 persen masih memungkinkan bagi pengendara dalam situasi ini," ujar Presiden Direktur distributor kaca film Makko Group, Christopher Sebastian.

 kabin mobil

Syarat lain produk kaca film yang menjamin keamanan berkendara dalam situasi berkabut ini adalah produk dengan fitur two way vision. Teknologi tersebut mengacu pada visibilitas minim dari luar kendaraan, sementara pengendara memiliki jarak pandang cukup terang dalam kabin mobil.

Teknologi seperti ini memberi jaminan keamanan berkendara pada pengemudi dalam berbagai kondisi seperti malam hari hingga kondisi ekstrem. "Beberapa produk kaca film seperti Masterpiece, First Klass, O2, atau Blacklist mempunyaio fitur semacam ini," kata Christopher kepada Okezone Otomotif.

 Kaca Mobil

Pengaruh lain terletak pada kebersihan serta kondisi kaca mobil yang digunakan berkendara pada wilayah terpapar kabut asap hasil kebakaran hutan dan lahan. Pemilik kendaraan wajib membersihkan kendaraannya agar tidak terhalang oleh bercak jamur dan kerak air, yang dapat mengurangi kenyamanan serta jarak pandang.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini