nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mazda Bangkitkan Mesin Rotary untuk Mobil Listrik Perdananya

Ardimo Harsa, Jurnalis · Jum'at 20 September 2019 11:21 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 09 20 52 2107175 mazda-bangkitkan-mesin-rotary-untuk-mobil-listrik-perdananya-nlmqWH5r8b.jpg Mazda siapkan mesin rotary (foto: ist)

TOKYOMazda dikabarkan siap kembali menghidupkan mesin rotary di jajaran mobil mereka. Mesin ciptaan Felix Wankel ini akan dipadukan Mazda dengan motor listrik untuk mobil listrik produksi massal pertama mereka yang kabarnya akan diluncurkan pada pameran Tokyo Auto Show Oktober 2019.

Seperti diberitakan Digital Trends, mobil listrik Mazda ini akan menjadi model baru yang tak berbasis dari mobil Mazda sebelumnya. Diperkirakan, mobil ini akan berbentuk hatchback atau crossover kompak. Teori ini dikemukakan melihat Mazda baru-baru ini memasangkan mesin listrik ke crossover kompaknya yaitu CX-3.

Model Mazda bertenaga listrik

Prototype versi listrik dari CX-3 ini sendiri dinamakan CX-30. Ini juga memutus spekulasi bahwa mobil listrik Mazda akan berbentuk sedan seperti Mazda 6 atau berbentuk mobil sport seperti MX-5. Digital Trends juga memperkirakan bahwa model mobil listrik ini akan cenderung ke arah crossover ketimbang hatchback, mengingat penjualan crossover yang tengah laris di seluruh dunia.

 Model Mazda bertenaga listrik

Dilaporkan, mesin ini akan menjadi opsi bagi konsumen yang menginginkan jarak tempuh yang lebih jauh. Hal ini dikarenakan mobil listrik perdana Mazda ini akan mengusung motor listrik bertenaga 140 dk dengan baterai hanya sebesar 35.5 kWh. Ukuran baterai ini tergolong kecil jika dibandingkan dengan baterai di Nissan Leaf generasi ke dua yang berukuran sebesar 40 kWh dengan opsi baterai yang lebih besar yaitu 62 kWh.

Mesin rotary ini sendiri nantinya tidak akan bekerja bersamaan dengan motor listrik untuk menggerakan mobil seperti sistem hybrid, melainkan menjadi range extender. Cara kerja range extender ini semacam genset di mana mesin rotary nantinya akan digunakan untuk mengisi daya ke baterai jika baterai mobil sudah habis sehingga motor listrik dapat terus berjalan.

 Model Mazda bertenaga listrik

Ini adalah kali pertama Mazda menggunakan mesin rotary di lini kendaraan mereka dalam beberapa tahun terakhir. Terakhir kali mesin ini muncul di mobil sport RX-8 yang produksinya berhenti pada 2012.

Digital Trends melaporkan bahwa informasi lebih lengkap dari mobil ini akan muncul dalam beberapa minggu ke depan. Mobil ini sendiri dikabarkan juga akan melakukan debut online beberapa hari sebelum dipamerkan di Tokyo Auto Show. Dijadwalkan, mobil yang belum diketahui namanya ini akan mulai dikirimkan ke konsumen pada 2020.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini