nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tak Hanya Mobil, Trend Kendaraan Listrik Mulai Merambah ke Pesawat Terbang

Aidha Widyastuti, Jurnalis · Jum'at 20 September 2019 13:03 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 09 20 52 2107193 tak-hanya-mobil-trend-kendaraan-listrik-mulai-merambah-ke-pesawat-terbang-3YOiFmX47x.jpg Alice pesawat dengan motor listrik (foto: Ist)

LE BOURGET - Trend penggunaan motor listrik pada mobil kini mulai marak, namun langkah tersebut juga dilakukan di dunia penerbangan. Salah satunya pesawat bikinan Eviation Aircraft yang merancang pesawat listrik yang diberi nama Alice. Alice dirancang dengan menggunakan kontrol fly-by-wire, dilengkapi dengan satu baling-baling pendorong utama pada bagian ekor dan dua baling-baling pendorong di ujung sayap yang berfungsi untuk mengurangi hamabatan, menciptakan redundansi, dan meningkatkan efisiensi. Alice melakukan debut prototipenya di Paris Air Show.

Pesawat listrik Alice ini didesain hanya dapat mengangkut 9 penumpang dengan jarak jangkauan hingga 650 mil atau sekitar 1.050 kilometer pada kecepatan 240 knot. Hal ini yang kemudian menjadikan Alice hanya dapat diterbangkan pada jarak pendek saja, atau dapat dikatakan sebagai pesawat komuter bertenaga listrik.

 Pesawat listrik

Selain itu, Alice mengandalkan mesin EcoPulse untuk menggerakkan baling-baling pusat dan generator untuk mengisi ulang baterai dan menyalakan alat peraga listrik tambahan yang ada di rentangan sayapnya. Mesin ini dapat menghemat sebanyak 20-40% bahan bakar yang dihasilkan oleh pesawat Alice. Sementara, emisi karbon dari penerbangan komersial lain dapat menyumbang sekitar 2.5%.

Sementara, Omer Bar-Yohay selaku CEO dari Eviation memberikan presentasi yang menarik saat peluncuran Alice di Paris Air Show. Omer menjelaskan secara baik terkait ide di balik pesawat Alice. Kini Alice dapat dikatakan sebagai pesawat listrik masa depan yang ramah lingkungan sehingga sangat mungkin nantinya pesawat listrik akan menggantikan posisi pesawat dengan bahan bakar fosil.

Pesawat listrik

Kabarnya, setelah ajang Paris Air Show, Eviation akan menuju ke AS untuk melakukan langkah selanjutnya yakni peluncuran pesawat Alice. Omer mengatakan telah mendapat dukungan besar dari FAA dalam pengembangan yang mereka lakukan.

Untuk menguji pesawat listrik Alice, kemungkinan akan berlangsung di Moses Lake, Washington dengan AeroTEC sebagai penguji. Setelah mendapati sertifikasi, Alice akan diproduksi di Amerika Serikat tepatnya di Prescott, Arizona.

(muf)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini