nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mengenal Mobil Listrik yang Akan Balapan di Jakarta

Ilham Satria Fikriansyah, Jurnalis · Jum'at 20 September 2019 14:52 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 09 20 52 2107282 mengenal-mobil-listrik-yang-akan-balapan-di-jakarta-KEq7IVx0Jr.jpg Motor listrik Formula E (foto: Ist)

JAKARTA - Formula E merupakan balapan mobil listrik single seater yang dibentuk oleh FIA sebagai balapan mobil masa depan. Musim 2018/2019 menandai musim ke-5 balapan yang dibuat oleh Alejandro Agag ini.

Formula E sendiri dibuat untuk menjadi alternatif balap formula yang ramah lingkungan serta mengenalkan kendaraan listrik ke berbagai kota besar di seluruh dunia.

 Mobil listrik balap

Mobil yang digunakan Formula E sendiri telah mengalami ubahan sejak pertama digelar pada 2014 lalu. Formula E sendiri kini menggunakan mobil baru yang disebut Gen2 sejak musim 2018/2019. Dikutip dari situs Formula E, mobil Gen2 ini didesain oleh SPARK yang juga mendesain mobil Formula E generasi pertama.

 Mobil listrik balap

Bentuk mobil Formula E ini bisa dikatakan mirip Batmobile. Desain ini ditujukan untuk meningkatkan downforce dan juga mempertahankan daya cengkeram ketika pebalap tengan membuntuti mobil lain. Hal ini akan berguna ketika pebalap melakukan manuver menyalip. Bagian roda depan mobil ini juga tertutup agar menghindari turbulensi ketika tengah melakukan slipstream.

Satu hal yang membedakan Formula E dan seri balap mobil lainnya adalah kendaraan yang dipakai. Formula E tidak menggunakan mesin bensin seperti mobil balap lainnya. Mobil Formula E menggunakan motor listrik bertenaga 335 dk yang dibatasi ke 270 dk ketika balapan. Selain itu, sistem regenerative brake di mobil Formula E dapat mengembalikan daya listrik hingga 250kW. Beberapa pabrikan seperti Mercedes, Audi, Jaguar, dan BMW turut serta membuat motor listrik untuk Formula E ini.

 Motor listrik Formula E

Baterai mobil Formula E generasi ke dua ini mengalami peningkatan dari generasi pertama. Dengan kapasitas dua kali lebih besar, kini pebalap Formula E dapat menempuh jarak balapan penuh tanpa harus melakukan pertukaran mobil di tengah balapan.

 Mobil listrik

Mobil Formula E sendiri dilengkapi dengan ban dari Michelin. Ban ini didesain khusus untuk balapan Formula E dan diklaim jauh lebih ringan dan memiliki rolling resistance yang lebih rendah.

Untuk memenuhi standar keamanan FIA, mobil Formula E juga dilengkapi dengan perangkat keselamatan halo yang dilengkapi dengan lampu LED sebagai indikator ketika pembalap tengah menggunakan attack mode. Halo ini terbuat dari titanium dengan ketebalan 4mm. Perangkan ini dapat menanggung beban seberan 125 ton yang setara dengan bobot 14 mobil Formula E.

 Mobil listrik

Dengan bobot minimum 900 kg termasuk baterai sebesar 385 kg, mobil Formula E dapat berakselerasi 0-100 km/jam dalam 2.7 detik dan kecepatan maksimum 280 km/jam.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini