nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mengenal Sejarah Mesin Diesel, Dimulai Abad ke-19

Ilham Satria Fikriansyah, Jurnalis · Jum'at 20 September 2019 15:38 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 09 20 52 2107318 mengenal-sejarah-mesin-diesel-dimulai-abad-ke-19-JwwCh0F9RK.jpg Mesin diesel pertama yang dikembangkan Nokolaus Otto (foto: Ist)

JAKARTA - Penggunaan mesin diesel telah lama dikembangkan sejak awal abad ke-19. Sebelum adanya mesin diesel pada kendaraan, awalnya para insinyur terlebih dahulu mengembangkan teknologi mesin pembakaran internal yang diprakasai oleh Nikolaus Otto asal Jerman pada 1876.

Kemudian beberapa insinyur lainnya juga mengembangkan teknologi sistem pembakaran agar lebih sempurna, salah satunya Karl Benz yang memperoleh hak paten untuk kendaraan yang digerakan oleh sebuah mesin bensin di tahun 1886. Hal inilah yang menjadikan cikal bakal dimana mesin mulai dikembangkan lagi, salah satunya mesin diesel.

 Mesin Diesel

Mesin diesel mulai dikembangkan pada tahun 1892 oleh seorang insinyur Jerman yakni Rudolf Diesel. Ia memiliki hak paten yaitu "proses dan aplikasi penggerak pembakaran internal", prinsip dasarnya adalah ketika diperoleh tekanan ekstrem maka suhu dalam ruang pembakaran internal akan meningkat, dan hal ini dapat digunakan untuk menyulut bahan bakar.

 Mesin Diesel

Rudolf Diesel yakin bahwa ia dapat membuat mesin yang jauh lebih efisien dalam hal panas dibandingkan mesin penggerak berbasis pembakaran internal lainnya. Kemudian pada tahun 1897 di Universitas Munich, ia berhasil membuat sebuah mesin diesel pertamanya yang bekerja dengan baik.

Kemudian ia memamerkan penemuannya tersebut pada ajang Paris Expo di tahun 1900.

Saat itu Rudolf Diesel berhasil mengembangkan mesin dimana ia menggunakan bahan bakar dari minyak kelapa sebagai penggerak mesin diesel, hal ini menjadikannya sebagai mesin bio diesel yang pertama di dunia.

 Mesin diesel

Atas penemuannya tersebut hingga saat ini mesin diesel masih digunakan oleh beberapa kendaraan besar seperti bus dan truk hingga kendaraan pribadi. Karena mesin diesel dapat menghasilkan torsi yang lebih tinggi dan pembakaran yang lebih bersih sehingga menghasilkan tenaga yang lebih besar.

 mesin diesel

Namun penggunaan mesin diesel bukan berarti tidak memiliki dampak yang buruk, salah satunya yaitu pencemaran terhadap lingkungan udara. Penggunaan mesin diesel dapat mengeluarkan lebih banyak unsur PM dan NOX ke dalam atmosfer.

Dengan kemajuan teknologi pada mesin kendaraan saat ini banyak produsen otomotif mulai menciptakan mesin yang ramah lingkungan, salah satunya dengan menciptakan kendaraan bertenaga listrik.

 mesin diesel

Penerapan standar emisi di berbagai negara juga menjadi alasan produsen otomotif mulai mengusung kendaraan listrik. Hal ini yang membuat para perusahaan mulai meninggalkan penggunaan mesin diesel dan berbahan bakar bensin.

Tetapi beberapa produsen otomotif mulai mengembangkan mesin diesel yang menggunakan teknologi hybrid, salah satunya Suzuki yang membawa varian mobil Ertiga dengan mesin diesel hybrid. Hal ini agar mobil tetap dapat bekerja dengan maksimal, namun lebih hemat bahan bakar serta mengurangi emisi kendaraan.

 mesin diesel

Tentu pengembangan mesin diesel hybrid ini merupakan salah satu kemajuan dalam bidang otomotif, hal ini dilakukan untuk tetap menghasilkan tenaga yang besar pada mobil serta ramah lingkungan.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini