nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Vespa Tak Gentar Bersaing dengan Produk Skutik Premium Jepang

Medikantyo, Jurnalis · Jum'at 20 September 2019 23:57 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 09 20 53 2107519 vespa-tak-gentar-bersaing-dengan-produk-skutik-premium-jepang-XjaswhmoBG.jpg Presiden Direktur Piaggio Indonesia, Marco Noto La Diega, dalam peluncuran Vespa GTS Super Tech 300 di kawasan Senayan, Jakarta (Foto: Okezone.com/Medikantyo)

JAKARTA - Persaingan di ranah skutik tidak menjadi ketakutan tersendiri bagi PT Piaggio Indonesia. Kekuatan identitas merk Vespa yang mereka usung di Tanah Air terbilang memiliki identitas serta kekuatan dalam hal pengalaman berkendara.

Begitu juga sebagai produsen, mereka harus bersaing dalam hal segmentasi harga dengan pabrikan asal Jepang. Sebagai contoh, varian kelas pemula (entry level) dengan rentang Rp35 jutaan beradu langsung dengan varian tertinggi alias premium dari lini produk skutik Jepang.

 Piaggio Vespa Pameran

Secara terbuka Presiden Direktur PT Piaggio Indonesia, Marco Noto La Diega, menyebut pihaknya tidak ambil pusing dengan komparasi harga tersebut. "Rasionaliasi harga sudah diperhitungkan berdasarkan keterjangkauan dan kesesuaian konsumen dari produk tersebut," katanya.

Menerjemahkan susunan tingkatan serta segmentasi produk dari Vespa ke Indonesia menjadi langkah awal ketika Marco mengambil posisi sebagai bos Piaggio Indonesia. Ia mengaku tidak gentar dalam menerapkan strategi premiumisasi skutik di Indonesia.

Walaupun dalam perjalanannya, sering muncul perbandingan harga Vespa dengan skutik buatan Jepang oleh berbagai pihak. "Tidak akan ada kompromi mengenai harga serta kualitas yang ditawarkan Vespa. Kami berupaya memberi pengalaman utuh berkendara dengan DNA Vespa," ujar Marco.

Model di segmen Entry Level sendiri tidak menjadi jualan utama untuk merk Vespa di Indonesia. Rangkaian model Vespa LX dan S dalam jajaran tersebut hanya menyumbang sekitar 35 persen dari penjualan Vespa di Indonesia. "Produk inti perusahaan kami seperti Sprint dan Primavera berkontribusi sebagai tulang punggung sebesar 55 sampai 60 persen," kata Marco.

 Vespa GTS Super 300

Terlepas dari selisih yamg cukup besar dari kontribusi kedua model tersebut dalam penjualan Vespa di Indonesia, Marco tetap akan menyediakan berbagai opsi segmen lini produk di Indonesia. Tak terkecuali skuter Vespa dengan harga terjangkau di kelas entry level.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini