nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

3 Mobil Nyaman Digunakan saat Liburan ke Kawasan Pegunungan

Aidha Widyastuti, Jurnalis · Sabtu 21 September 2019 12:21 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 09 21 52 2107596 3-mobil-nyaman-digunakan-saat-liburan-ke-kawasan-pegunungan-61zw2Y2XwP.jpg Nissan X-Trail (foto: Ist)

JAKARTA – Ketika berniat untuk melakukan liburan dengan menggunakan mobil pribadi bersama keluarga, penting untuk selalu utamakan keselamatan, keamanan, dan kenyaman dalam berkendara. Hal ini demi mendapatkan liburan yang menyenangkan tanpa ada hambatan apapun.

Sudah semestinya, pemilik kendaraan harus melakukan pengecekan kondisi kendaraan apakah mobil yang akan digunakan ini dalam keadaan yang baik atau tidak? Selanjutnya, demi mengutamakan keamanan dalam berkendara, Anda harus mematuhi aturan yang berlaku selama berkendara dengan baik dan benar.

 Liburan keluarga

Terakhir adalah kenyamanan dalam berkendara, jika Anda mengendarai mobil dalam kondisi tubuh yang lemah maka akan mempengaruhi rasa tidak nyaman dalam berkendara, namun sebaliknya jika kondisi tubuh fit, Anda akan mendapati kenyaman dalam berkendara.

 Toyota Avanza

Selain kondisi tubuh yang fit, kenyamanan dalam berkendara juga perlu didukung dengan kendaraan mobil yang sesuai dengan rute yang akan dilewati. Untuk itu, kami telah merangkum tiga jenis mobil yang dapat Anda pilih sebagai kendaraan selama liburan, khususnya di dataran tinggi :

1. Toyota Avanza

Avanza merupkan jenis kendaraan MPV yang paling banyak dipilih sebagai mobil keluarga. Dilengkapi fitur canggih untuk segala kondisi jalan di Indonesia. Mobil ini memiliki sistem roda penggerak belakang yang mampu menerjang medan yang sulit sekalipun dengan mobil berisi penumpang.

Toyota menawarkan dua pilihan mesin Dual VVT-I, DOHC 16-katup dengan 4-silinder. Mesin pertama memiliki kapasitas hingga 1.3 L yang dapat menghasilkan 93,5 Hp dan torsi 12,3 Nm. Sementara, mesin kedua dengan kapasitas 1.5 L yang mampu menghasilkan 102 Hp dan torsi 13,9 Nm.

Keunggulan lain yang dimiliki avanza selain dapat mengangkut 7 penumpang, adalah bahan bakar yang irit meskipun tenaga mesin besar. Saat ini toyota memiliki seri terbarunya yakni toyota avanza veloz.

2. Nissan X-Trail

Kendaraan ini menjadi mobil dengan target pasar untuk kalangan menengah dengan menghadirkan dua pilihan yakni untuk seri 2.5 L mesin menggunakan tipe QR25DE berteknologi DOHC dengan 16 katup dan 4 silinder juga dilengkapi teknologi Dual CVTCS. Teknologi ini mampu menjalankan mesin berkapasitas 2488 cc yang dapat menghasilkan tenaga maksimum 171 PS pada putaran 6000 rpm dan torsi maksimum 23.8 kgm pada putaran 4000 rpm.

 Nissan X-Trail

Selain itu, Nissan X-Trail 2.5 L ini memiliki sistem transmisi Xtronic CVT dengan mode Manual pada sistem kemudi bertipe Front Wheel Drive.

Sementara, seri 2.0 L untuk tipe ini menggunakan mesin MR20DD dengan teknologi DOHC 16-katup dan 4 silinder serta teknologi Dual CVTCS dengan kapasitas mesin 1997 cc yang mampu menghasilkan tenaga maksimum 144 PS per 6000 rpm dan torsi maksimum 20.4 kgm per 4400 rpm.

Seri ini menggunakan transmisi 6 percepatan manual. Menariknya meskipun memiliki kapasitas mesin lebih kecil versi ini tetap menggunakan sistem kemudi yang sama dengan seri 2.5 L.

 Nissan X-Trail

Perbedaan lain yang dimilik dari dua varian Nissan ini terletak pada sisi sistem injeksi dimana pada tipe 2.5 L menggunakan Multi Point Injection sementara pada versi 2.0 menggunakan Direct Injection.

Meski begitu, keduanya sama-sama mampu membuat penggunaan bahan bakar berkapasitas 60 L lebih irit. Selain itu, desain body yang dimiliki Nissan X-Trail cukup elegan serta memiliki kemampuan menampung lebih dari 5 orang penumpang.

3. Isuzu MU-X

Mobil SUV (Sport Utulity Vehicle) menjadi kendaraan terlaris di Indonesia. Hal ini dikarenakan kabin yang cukup luas sehingga mampu menampung banyak penumpang. Tak hanya itu, mobil ini juga mampu menaklukkan segala medan.

 Isuzu Mu-x

Isuzu MU-X dilengkapi dengan mesin 4JK1-TC Hi-Power yang memiliki 4-silinder dengan teknologi DOHC 16-katup berkapasitas 2.499 cc yang mampu menghasilkan tenaga maksimum 136 Ps pada putaran 3.400 rpm dan torsi maksimum 32,6 kgm setiap putaran 1.800-2.800 rpm.

Sementara, Isuzu juga menawarkan teknolgi Turbocharge Intercooled dan sistem transmisi triptonic sequintal shift dengan 5-kecepatan yang diintegrasikan dengan teknologi Adaptive Gradient Logic Control.

Penawaran yang diberikan oleh Isuzu dengan menghadirkan model ini untuk segmentasi pasar kelas atas.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini