nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Liburan Akhir Pekan, Perhatikan Risiko Mobil Muatan Berlebih

Aidha Widyastuti, Jurnalis · Sabtu 21 September 2019 13:01 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 09 21 52 2107601 liburan-akhir-pekan-perhatikan-risiko-mobil-muatan-berlebih-TN6iNi4epw.jpg melakukan perjalanan di akhir pekan (foto: Ist)

JAKARTA - Berlibur di akhir pekan menjadi pilihan yang tepat bagi sebagian keluarga untuk menghabiskan waktu bersama. Entah itu pergi ke mall atau bertamasya ke kawasan Jawa Barat seperti Puncak dan Bandung. Keduanya, merupakan pilihan yang paling sering dijadikan tempat untuk menghirup udara segara atau sekedar melepaskan penat dari hiruk pikuknya kota Jakarta.

Di Indonesia khususnya, jenis mobil MPV menjadi pilihan yang paling banyak digunakan sebagai kendaraan selama liburan. Hal ini karena jenis mobil MPV memiliki kelebihan dapat mengangkut banyak penumpang dan kuat untuk segala medan.

 mobil MPV

Namun, pada akhirnya sehebat apapun kelebihan dari jenis kendaraan yang digunakan akan tetap menimbulkan sebuah risiko, terlebih lagi pada saat berkendara di kawasan pegunungan dengan kapasitas penumpang yang banyak.

Berikut ini risiko yang mungkin akan Anda jumpai, diantaranya seperti :

1. Berkendara Menjadi tidak Nyaman

Hal yang paling diutamakan dalam berkendara selain keamanan adalah kenyamanan. Ketika pengemudi merasa nyaman maka sangat kecil kemungkinan terjadi kecelakaan, sebab pengemudi telah menguasai kendaraan yang sedang ia jalankan.

 Liburan

Namun, berbeda jika berkendara dengan muatan yang berlebih akan membuat pengemudi merasa tidak nyaman. Hal ini dikarenakan muatan yang berlebih dapat menyiksa suspensi. Seperti misalnya, saat mobil tak sengaja menghantam lubang suspensi akan sulit memantul akibat beban yang berlebih. Risiko terbesarnya suspensi bisa saja patah karena terlalu memaksakan beban yang berlebih pada kendaraan Anda.

2. Akselerasi Menjadi Lambat

Muatan yang berlebih akan membuat kinerja mesin semakin bertambah. Hal ini kemudian dapat berefek pada akselerasi yang menjadi berkurang.

 Liburan keluarga

3. Bensin Menjadi Boros

Ketika mobil dengan kapasitas penumpang yang cukup banyak akan berpengaruh pada bahan bakar yang dihasilkan. Hal ini dikarenakan ketika menjalankan mobil yang berat maka pedal gas akan diinjak lebih dalam, sehingga energi yang dibutuhkan akan lebih banyak yang akhirnya menimbulkan pemborosan pada bahan bakar kendaraan.

 Liburan weekend

4. Bahaya Saat Akan Belok

Kendaraan dengan kapasitas penumpang maupun barang yang banyak akan menimbulkan risiko mobil terasa goyang saat sedang melewati tikungan. Selain itu dapat mengurangi kemampuan mobil untuk bermanuver.

Hal ini akan meninggikan risiko kecelakaan, mengingat jalur kawasan Puncak dan Bandung sering ditemui jalanan berliku dengan tanjakan yang curam.

5. Ban Akan Pecah

Terakhir, risiko yang akan mungkin terjadi adalah ban pecah. Ban memang didesain untuk dapat menanggung beban yang berat sekalipun, namun ketika Anda berkendara dengan jarak tempuh yang jauh serta medan jalan yang ekstrem ini perlahan akan berakibat pada ban. Dimana ban juga tidak akan sanggup menopang beban yang berlebih.

 Ban mobil

Hal ini yang kemudian akan mengancam keselamatan Anda dalam berkendara, sebab kita tak pernah tau kapan ban akan pecah atau meledak. Maka dari itu penting untuk memperhatikan kondisi ban bila ingin berkendara dengan membawa penumpang berkapasitas besar

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini