nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mobil Berada di Kemacetan Jalan Menanjak, Begini Tips Amannya

Ilham Satria Fikriansyah, Jurnalis · Sabtu 21 September 2019 20:58 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 09 21 52 2107718 mobil-berada-di-kemacetan-jalan-menanjak-begini-tips-amannya-Ced14SW8jy.jpg Mobil saat melewati jalan menanjak (foto: Okezone)

JAKARTA - Berkendara di suatu tanjakan mungkin merupakan hal yang biasa bagi para pengendara yang sudah ahli. Namun hal ini akan berbeda jika dialami oleh pengendara yang masih pemula, bisa jadi itu merupakan momen yang menakutkan saat berkendara.

Terlebih jika berkendara disebuah tanjakan dan terjebak kemacetan, hal ini mengharuskan seorang pengendara untuk ekstra hati-hati agar tidak terjadi tabrakan.

 Jalan menanjak

Maka fungsi pengereman sangat penting dilakukan ketika mobil berhenti disuatu tanjakan. Melakukan kombinasi penginjakan pedal rem, kopling dan gas yang tepat akan membuat anda merasa nyaman saat berjalan di tanjakan.

Apabila terjebak kemacetan dan dalam kondisi jalanan yang terjal, usahakan untuk menggunakan rem tangan saat berhenti. Hal ini berlaku untuk penggunaan mobil transmisi manual dan automatic.

 Jalan menanjak

Jika kendaraan di depan telah melaju, bagi pengguna mobil transmisi manual lepaskan rem tangan dan posisikan kaki kiri di pedal kopling lalu injak secara perlahan, kemudian injak pedal gas secara perlahan juga. Hal ini dilakukan untuk mencegah agar mobil tidak mundur kebelakang.

Selain itu disaat berkendara di tanjakan yang cukup terjal usahakan untuk menggunakan gigi 1, sementara untuk gigi 2 dapat digunakan jika melewati tanjakan yang cukup landai.

Bagi pengguna mobil automatic terdapat berbagai perbedaan penamaan jenis perseneling pada mobilnya. Beberapa mobil ada yang menggunakan nama perseneling D1, D2 sampai D3 atau hanya huruf D dan L saja.

 Liburan weekend

Jika menghadapi situasi tanjakan, pergunakan perseneling D1 dan D2 atau huruf "L" agar memberikan tenaga yang lebih ekstra pada mesin dan memudahkan pengendara saat menginjak pedal gas. Karena mobil automatic tidak memiliki kopling, pengemudi cukup menginjak pedal gas dan rem saja ketika berada di tanjakan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini