nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Simak Teknik Mengemudi saat Tanjakan dengan Kapasitas Berlebih

Aidha Widyastuti, Jurnalis · Sabtu 21 September 2019 16:05 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 09 21 87 2107646 simak-teknik-mengemudi-saat-tanjakan-dengan-kapasitas-berlebih-DKZTjQFieT.jpg Transmisi matik mobil (foto: Ist)

JAKARTA - Liburan akhir pekan seperti ini biasanya dijadikan momen yang pas untuk berkumpul bersama dengan keluarga dengan menggunakan mobil. Untuk keluarga yang memilih menghabiskan waktu dengan berlibur ke wisata pegunungan perlu memperhatikan beberapa hal.

Seperti pentingnya memperhatikan kondisi kendaraan dan jumlah penumpang mobil yang akan melakukan liburan. Namun, beberapa keluarga khususnya di Indonesia seringkali memaksakan kapasitas kendaraan mereka dengan jumlah penumpang yang melebihi batas seharusnya.

 Transmisi Matik

Perlu diketahui, medan jalan yang menanjak akan sering Anda jumpai saat sedang berlibur ke tempat wisata dengan dataran yang tinggi. Hal yang paling utama Anda lakukan saat bertemu jalan yang menanjak adalah jangan panik.

Untuk itu, berikut teknik mengemudi saat berada di jalan menanjak dengan membawa banyak penumpang didalamnya:

 Tanjakan

1. Gunakan gigi 1 dan 2

Pada saat mengendarai mobil di jalan menanjak biasanya pengemudi selalu menggunakan kopling setengah, ternyata hal tersebut merupakan cara yang salah.

Dengan menginjak kopling setengah akan membuat kopling jadi cepat panas dan bahkan bisa jebol. Hal ini sangat merepotkan ketika terjadi di jalan menanjak apalagi saat kondisi jalan macet.

Saat menemui jalan menanjak sebaiknya gunakan gigi 1 dan 2. Cara tersebut cukup efektif, dimana gigi 1 dapat digunakan saat sedang berada di tanjakan yang curam dan gigi 2 untuk tanjakan yang cukup landai.

2. Berhenti Dengan Rem Tangan

Saat mobil sedang dalam keadaan berenti di jalan yang menanjak, tak perlu gengsi untuk menggunakan rem tangan.

Ketika mobil akan dijalankan kembali Anda perlu melepaskan rem tangan secara perlahan diikuti dengan melepaskan kopling. Selanjutnya, kaki lain bertugas untuk menginjak pedal gas agar dapat mobil bergerak maju.

 Mobil matik di tanjakan

Rem tangan berfungsi sebagai pengganti kopling, guna menarik rem tangan sendiri agar mobil tidak turun pada saat berhenti di jalan yang menanjak.

Perlu dilakukan latihan terlebih dahulu di tanjakan yang tidak terlalu ramai untuk menggunakan rem tangan bagi pengemudi pemula, karena penggunaan rem tangan saat berada di jalan menanjak juga cukup sulit.

3. Berhenti Dengan Rem Kaki

Berbeda dengan penggunaan gigi 1 dan gigi2, saat berada pada tanjakan yang tidak terlalu tingi Anda bisa menggunakan kombinasi rem kaki dan kopling untuk berjalan.

Caranya, ketika sedang berhenti Anda injak pedal rem, lalu netralkan posisi persneling. Kemudian lepaskan pedal rem secara perlahan diikuti dengan melepaskan pedal kopling saat Anda akan memulai untuk menjalankan mobil Anda kembali.

 Mobil transmisi matik

Penggunaan rem kaki dan kopling ini hanya dapat berfungsi pada saat tanjakan yang tidak terlalu tinggi dan curam.

Itulah tiga teknik mengemudi saat berada pada jalan yang menanjak dengan membawa banyak penumpang. Hal tersebut dapat menyelamatkan Anda dari terjadinya mobil mundur. Meski begitu, lagi-lagi bukan teknik saja yang diperlukan dalam berkendara, tetapi harus tetap mengikuti aturan yang berlaku dan pengendara juga harus memiliki feeling serta irama yang kuat, dengan begitu dapat memberikan sensasi berkendara yang jauh lebih mudah, aman, dan nyaman.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini