Korlantas Resmikan Peluncuran Smart SIM Hari Ini

Medikantyo, Jurnalis · Minggu 22 September 2019 09:23 WIB
https: img.okezone.com content 2019 09 22 52 2107803 korlantas-resmikan-peluncuran-smart-sim-hari-ini-raYqyi3Q6a.jpeg Kakorlantas Polri Irjen (Pol) Refdi Andri (Foto: Okezone.com/Istimewa)

JAKARTA - Pembaruan teknologi pada peraturan berlalu-lintas oleh Kepolisian Republik Indonesia (Polri) ditandai dengan peluncuran Smart SIM pada Minggu (22/9) pagi ini. Seremonial peluncuran Smart SIM itu berlangsung seiringan dengan gelaran Hari Lalu Lintas Bhayangkara di kawasan Senayan, Jakarta.

Secara pokok teknologi Smart SIM ini memiliki empat fungsi utama, dengan dukungan teknologi chip untuk merekam data pemiliknya. Selain menjadi prasayarat wajib pengemudi, Smart SIM ini berguna sebagai rekam forensik pemilik hingga penunjang penertiban lalu lintas.

 Smart SIM

Fungsi lain yang menjadi pilihan, adalah kemampuannya untuk berfungsi sebagai alat pembayaran elektronik. Pemilik Smart SIM dapat mengaktifkannya dengan melakukan pengisian ulang di bank terpilih. "Batas maksimal saldonya sekitar Rp2 juta," kata Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri, Irjen Refdi Andri, beberapa waktu lalu.

Refdi juga pernah mengungkapkan tidak ada perubahan masa berlaku untuk Smart SIM, yakni selama lima tahun. Sementara, tidak ada keharusan bagi pengendara untuk segera mengganti SIM model lama mereka. "Nanti akan mendapat model baru ketika melakukan perpanjangan," ujarnya kepada awak media.

 Smart SIM

Polri juga urung menaikkan biaya pembuatan maupun perpanjangan SIM, selepas adanya pembaruan teknologi ini. Berdasarkan PP Nomor 60 Tahun 2016 biaya pembuatan SIM berkisar Rp100 ribu (SIM C) dan Rp120 ribu (SIM A & B1). Sementara biaya perpanjangan bervariasi Rp75 ribu (SIM C) sampai Rp80 ribu untuk SIM A dan B1.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini