nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cara Aman Melakukan Pengereman di Jalan Menurun

Ilham Satria Fikriansyah, Jurnalis · Minggu 22 September 2019 16:04 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 09 22 52 2107897 cara-aman-melakukan-pengereman-di-jalan-menurun-BvgirnIwPW.jpg Mobil turunan (foto: okezone)

JAKARTA - Berkendara melewati medan jalan yang menurun serta curam merupakan sebuah tantangan bagi setiap pengendara khususnya pengendara mobil.

Sebagian orang menganggap melewati jalanan yang menurun adalah hal yang mudah, namun jangan salah resiko yang ditimbulkan lebih besar ketimbang melewati jalanan yang menanjak.

Jika pengendara yang sudah terbiasa melewati medan jalan menurun akan mengetahui teknik pengereman yang tepat, berbeda dengan pengemudi yang belum mahir mereka akan menganggap mudah ketika berkendara di turunan.

 jalanan menurun

Salah satu faktor penting yang menjadi perhatian dalam melewati jalanan yang menurun dan curam adalah teknik pengereman. Dengan berfungsinya rem pada kondisi baik tentu akan memberikan keselamatan bagi pengemudi dan penumpang.

 jalan menurun dan menanjak

Ketika melewati turunan yang curam pergunakan gigi yang paling rendah. Biarkan mesin mobil memperlambat gerak laju mobil karena jika terlalu banyak menginjak pedal rem akan menyebabkan kampas rem menjadi panas dan cepat habis.

Selain itu jangan memasukan gigi mobil pada posisi netral saat melewati turunan. Banyak pengendara yang percaya bahwa meluncur dengan posisi mobil netral akan menghemat bahan bakar, namun hal itu salah karena akan memberikan tekanan pada rem mobil.

 jalanan menanjak

Tak hanya menghentikan laju mobil dengan pedal rem, pengendara juga bisa menggunakan teknik engine brake. Hal ini dilakukan dengan cara memasukan gigi dari tinggi ke paling rendah dengan tahap satu per satu. Dengan melakukan penurunan gigi maka putaran mesin akan naik namun laju mobil akan terasa tertahan akibat terjadinya perbandingan putaran transmisi.

Kombinasi antara penggunaan pedal rem, gas dan kopling dengan tepat akan memberikan kenyamanan dan keselamatan saat mengerem di turunan. Tentu hal itu juga dapat meringankan beban kerja mobil serta tetap menjaga komponen mobil tersebut dengan baik.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini