nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Berikut Perlengkapan Penting Berpetualang Menunggang Motor Kesayangan di Akhir Pekan

Medikantyo, Jurnalis · Minggu 22 September 2019 12:54 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 09 22 87 2107849 berikut-perlengkapan-penting-berpetualang-menunggang-motor-kesayangan-di-akhir-pekan-kJMrE4W5dw.jpg Berkendara bersama tunggangan kesayangan opsi habiskan waktu di akhir pekan (Foto: Okezone.com/Istimewa)

JAKARTA - Objek wisata dengan lokasi terjangkau dari ibukota kerap menjadi pilihan bagi pengguna motor untuk berlibur di akhir pekan. Menikmati pemandangan dengan tunggangan kesayangan, memerlukan kesiapan agar tidak menemui kendala selama perjalanan.

Tidak hanya melakukan pengecekan terhadap kendaraan roda dua yang akan digunakan, pemotor juga wajib membawa peralatan esensial sebagai langkah antisipatif. Terlepas dari perlengkapan utama dalam berkendara seperti helm maupun jaket, terdapat peralatan lain yang dapat menunjang kenyamanan berkendara di akhir pekan.

Tool Kit

Keberadaannya diperlukan jika dalam keadaan darurat motor anda mengalami problem teknis dalam perjalanan liburan. Terlebih, ketika kerusakan tersebut membuat pengendara harus mencopot atau membongkar beberapa komponen untuk dicek ulang.

 Tool Kit

Berbekal kelengkapan peralatan di kotak tool kit tersebut, pemotor bisa menangani masalah yang tergolong ringan. Perhitungkan juga, jenis serta beban peralatan yang dibawa agar tidak memakan ruang besar dalam tas ataupun bagasi.

Jas hujan, Pakaian ganti, serta alas kaki

Keadaan cuaca yang tidak menentu bisa mengganggu perjalanan akhir pekan pengguna motor menuju lokasi wisata. Walaupun tidak dianjurkan untuk melakukan perjalanan dalam kondisi hujan deras, pemakaian jas hujan bisa membantu anda hingga menemukan tempat aman untuk berteduh.

 Jas Hujan

Selanjutnya pengendara maupun penumpang bisa mengganti pakaian serta alas kaki mereka agar nyaman melanjutkan perjalanan. Lebih baik jika pelindung hujan juga dipasang pada tas punggung yang dibawa selama perjalanan tersebut.

Obat-obatan serta P3K

 P3K

Perbekalan berupa kebutuhan medis ini bisa dipersiapkan melihat kondisi penumpang maupun pengendara dalam melakukan perjalanan akhir pekan. Adanya perlengkapan P3K serta obat-obatan bisa memberi penanganan awal saat terjadi kecelakaan yang mengakibatkan luka maupun kondisi tidak enak badan saat perjalanan.

Alat navigasi

 GPS Navigasi

Walaupun sudah mempersiapkan perjalanan secara mendetail termasuk rutenya, pengendara mungkin membutuhkan rute alternatif. Minimnya sinyal telekomunikasi pada GPS maupun ponsel di beberapa lokasi, membuat keberadaan peta fisik yang muat di kantong menjadi solusi menentukan arah perjalanan.

Baterai cadangan/Power Bank

 Power Bank

Peralatan ini berhubungan dengan kebutuhan pemakaian alat telekomunikasi seperti ponsel yang menggunakan tenaga baterai. Pengendara bisa membawa suplai power bank dengan daya terisi penuh sebagai dukungan sumber tenaga dalam perjalanan. Jika memungkinkan, pengendara bisa membawa power bank berdaya besar maupun lebih dari satu.

Uang tunai

 Uang Tunai

Tentunya pengendara harus mempersiapkan uang tunai sebagai alat tukar untuk membayar kebutuhan seperti makanan, bahan bakar, hingga tiket masuk obyek wisata jika ada. Membawa uang tunai dalam pecahan lebih kecil juga disarankan untuk menghemat waktu dan mempermudah transaksi dalam perjalanan akhir pekan.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini