nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Resmi Meluncur, Ini Lokasi Pembuatan Smart SIM

Mufrod, Jurnalis · Senin 23 September 2019 10:52 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 09 23 52 2108088 resmi-meluncur-ini-lokasi-pembuatan-smart-sim-FOyQFdacd8.jpg Bentuk dari Smart SIM (foto: Ist)

JAKARTA - Korp Lalu Lintas (Korlantas) Polri resmi meluncurkan Smart SIM yang dilakukan pada Minggu (22/9/2019). Bagi masyarakat yang tertarik membuatnya, Korlantas telah menentukan lokasi pembuatannya.

Melansir video resmi yang diunggah akun Instagram Polda Metro Jaya @tmcpoldametro, smart SIM bisa dibuat di seluruh wilayah Indonesia. Dimana SIM online tersebut telah tehubung di 34 Kepolisian Daerah (Polda).

 Peluncuran Smart SIM

Tak hanya itu, pembuatan juga bisa dilakukan di 456 satpas SIM, sedangkan pengurusan lain juga bisa dilayakani oleh 378 SIM Keliling dan 55 gerai SIM. Seluruh jaringan tersebut terintegrasi langsung ke pusat data SIM Korlantas Polri.

 Peluncuran Smart SIM

Secara pokok teknologi Smart SIM ini memiliki empat fungsi utama, dengan dukungan teknologi chip untuk merekam data pemiliknya. Selain menjadi prasayarat wajib pengemudi, Smart SIM ini berguna sebagai rekam forensik pemilik hingga penunjang penertiban lalu lintas.

Fungsi lain yang menjadi pilihan, adalah kemampuannya untuk berfungsi sebagai alat pembayaran elektronik. Pemilik Smart SIM dapat mengaktifkannya dengan melakukan pengisian ulang di bank terpilih. "Batas maksimal saldonya sekitar Rp2 juta," kata Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri, Irjen Refdi Andri, beberapa waktu lalu.

 Smart

Refdi juga pernah mengungkapkan tidak ada perubahan masa berlaku untuk Smart SIM, yakni selama lima tahun. Sementara, tidak ada keharusan bagi pengendara untuk segera mengganti SIM model lama mereka.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini