nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tertarik Bikin Smart SIM, Begini Langkah Pembuatannya

Mufrod, Jurnalis · Senin 23 September 2019 12:12 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 09 23 52 2108127 tertarik-bikin-smart-sim-begini-langkah-pembuatannya-IZ5RJuamCf.jpg Peluncuran Smart SIM (foto: Ist)

JAKARTA - Pembuatan smart SIM kini bisa dilakukan secara online, sama seperti SIM konvensional biasa. Untuk membuatnya pun, pemohon bisa mengakses situs resmi sim.korlantas.polri.go.id. untuk memasukkan data dan informasi yang dibutuhkan.

Setelah masuk pada situs tersebut, pemohon bisa mengisi formulir permohonan seperti jenis permohonan SIM baru atau perpanjangan, golongan SIM, alamat email, Polda kedatangan dan Satpas kedatangan.

 Peluncuran Smart SIM

Seperti dilansir akun @tmcpoldametro pemohon harus memasukkan data pribadi dan memasukkan nomor aktif tidak boleh salah memasukkan nomor karena smart SIM tak dapat diaktivasi nantinya.

 Peluncuran Smart SIM

Setelah data tersebut terisi, pemohon kemudian bisa memilih tanggal kedatangan dan menyetujui untuk melakukan registrasi. Setelah semua selesai, pemohon diminta melakukan pembayaran registrasi SIM online pada bank BRI dengan memasukkan kode bayar yang tertera pada website.

Perlu diingat, pemohon hanya memiliki waktu tiga jam untuk melakukan pembayaran setelah aktivasi, jika tidak maka harus melakukan registrasi ulang.

 Peluncuran Smart SIM

Setelah pembayaran selesai maka kode registrasi akan dikirimkan lewat layanan pesan singkat (SMS) atau surat elektronik alias email. Dengan melakukan registrasi SIM online, pemohon tidak perlu antre lagi saat mendaftar pembuatan SIM.

Pemohon selanjutnya akan menjalani prosedur penerbitan SIM seperti identifikasi-verifikasi, ujian teori, ujian keterampilan mengemudi, hingga praktik kemampuan mengemudi. Jika semuanya selesai, maka pemohon akan mendapatkan Smart SIM.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini