nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Alami Masalah Keuangan, Nissan Jual Anak Perusahaannya Seharga USD1 Miliar

Aidha Widyastuti, Jurnalis · Selasa 24 September 2019 11:02 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 09 24 52 2108537 alami-masalah-keuangan-nissan-jual-anak-perusahaannya-seharga-usd1-miliar-quJuXnn7qC.jpg Ilustrasi salah satu produk Nissan GTR150 (foto: Ist)

 

NISHIKU - Terkait masalah internal yang dialami oleh produsen Nissan ini berdampak pada presentase penjualan yang terjadi akhir-akhir ini. Perusahaan asal Jepang mengambil sebuah pilihan dimana mereka akan melepas anak perusahaan seharga USD1 miliar atau sekitar Rp14 triliun.

Anak perusahaan yang akan dilepas oleh Nissan ini merupakan spesialisasi pada distribusi mesin, suku cadang kendaraan, dan bahan baku.

 Nissan tutup pabrik

Nissan mengundang beberapa ekuitas swasta dan perusahaan lain untuk mengajukan penawaran pada Nisaan Tranding Co. Rencananya pada awal Oktober perusahaan akan menentukan siapa pembeli yang terpilih.

Nissan Trading Co dapat menghasilkan pendapatan sebesar USD6 miliar atau sekitar Rp84 triliun.

 Pabrik Nissan

Hal ini dikarenakan produsen Nissan melihat laba operasi yang turun sebanyak 45% menjadi USD2,9 miliar dalam periode 12 bulan yang berakhir pada akhir maret 2019. Selain itu, penjualan kendaraan menurun sebesar 4,4% di periode yang sama.

Mantan kepala eksekutif Hiroto Saikawa mengatakan bahwa Nissan telah mencapai "titik terendah", hal ini yang kemudian menyangkut pautkan pada mantan pemimpin Carlos Ghosn. Setelah skandal yang melibatkan keuangan di perusahaan tersebut, yang berlanjut pada skandal sama yang dilakukan oleh Saikawa sehingga ia mengundurkan diri.

 Pabrik Nissan

Seperti yang terjadi pada Nissan bulan Juli lalu, perusahaan memangkas 12.500 pekerjaan di seluruh dunia menyusul penurunan 94,5% dalam laba bersih untuk Q1 2019 dan penurunan volume penjualan 6% menjadi 1,23 juta kendaraan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini