nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pengendara Motor Jangan Paksa Lewati Truk Besar, Ini Alasannya

Medikantyo, Jurnalis · Selasa 24 September 2019 10:00 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 09 24 87 2108532 pengendara-motor-jangan-paksa-lewati-truk-besar-ini-alasannya-1xUg2nTOGo.jpg area blind spot pengemudi truk lebih luas untuk kendaraan kecil (foto: Ist)

JAKARTA -Sering terjadinya kecelakaan yang melibatkan pengendara sepeda motor dengan truk besar masih sering terjadi. Merunut penyebab terjadinya kecelakaan sepeda motor dengan truk besar dipengaruhi masalah blind spot (area tak terpantau) yang dimiliki pengemudi truk.

Ketidaktahuan pengemudi truk terhadap keberadaan objek ditambah kurang waspadanya pengendara motor menjadi faktor penyebab kejadian mengerikan itu. Terlebih jika dicermati lebih mendalam, pengemudi tidak terlalu merasakan bahwa telah melindas atau menabrak kendaraan roda dua, akibat perbandingan berat serta ukuran kendaraan yang cukup besar.

 area blind spot truk

Beruntung, dalam tayangan yang beredar tersebut pengendara motor serta penumpangnya masih dapat diselamatkan dari kolong truk. Area pada bagian depan kendaraan, utamanya yang terletak pada sudut di bawah kaca depan truk menjadi salah satu blind spot tersebut. Tidak jarang, pengendara truk tidak menyadari keberadaan pemotor yang kebetulan melintas di depannya melalui sudut yang tidak terpantau tersebut.

Faktor keterbatasan sudut pandang pengendara truk terhadap objek atau kendaraan lain di depannya, dapat berujung pada insiden berakibat fatal. Termasuk kemungkinan pengendara motor terlindas oleh truk tersebut dikarenakan sang supir tidak mengetahui adanya kendaraan di depannya.

 area blind spot truk

Perkiraan posisi aman berkendara di depan kendaraan besar seperti truk tronton setidaknya berjarak lebih dari enam meter. Angka tersebut dikutip dari Lembaga Federal Keselamatan Kendaraan Pengangkut Barang Amerika Serikat (FMCSA).

(muf)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini