nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mobil Sport Pertama Keluaran Bugatti, Tersisa 50 Unit Banderolnya Rp7 Miliar

Medikantyo, Jurnalis · Rabu 25 September 2019 11:05 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 09 25 52 2108975 mobil-sport-pertama-keluaran-bugatti-tersisa-50-unit-banderolnya-rp7-miliar-xczHXxRUaP.jpg Produsen asal Prancis, Bugatti, punya reputasi membangun kendaraan kencang (Foto: Okezone.com/Istimewa)

STRASBOURG - Resep untuk memasarkan kendaraan kencang berteknologi tingi rupanya sudah diterapkan Bugatti sejak mengawali kiprah sebagai produsen mobil. Anggapan tersebut terlihat melalui model produksi Type 30 yang dibuat Bugatti pada dekade 1920an.

Model ini mencatatkan namanya dalam buku sejarah produsen asal Prancis itu berkat kesuksesannya di lintasan balap. Namun, tak sekadar berprestasi di lintasan, seperti dikutip laman Autocar, model Bugatti Type 30 juga sukses menarik perhatian sebagai mobil produksi massal.

 Bugatti

Bugatti sendiri membatasi produksinya hingga 600 unit sepanjang 1922 hingga 1926 silam. Mobil ini memiliki rancangan mesin SOHC dengan kapasitas 2.0 L sebagai standar. Perkiraan kekuatan dari mesin ini menyentuh angka 64 Hp serta kecepatan maksimal dari kendaraan ini mencapai 130 Kpj dalam kondisi optimal.

Desain mesin delapan silinder tersebut masih berbagai komponen dengan produk mobil pertama Bugatti, Type 13, seperti transmisi manual empat percepatan. Beberapa unit produksi awal memakai sistem pengereman hidrolis sebelum akhirnya berganti dengan teknologi pengereman berbasis kabel pada keempat rodanya.

 Bugatti

Penguatan rangka dan sasis dari versi balap kendaraan ini turut disertai pemakaian sistem suspensi peredam getaran pada keempat roda. Hingga saat ini diketahui masih tersisa 50 unit model Bugatti Type 30 di penjuru dunia. Salah satunya terjual dengan banderol USD490 ribu atau sekitar Rp6,9 miliar pada 2018 lalu.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini