nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Intip Proses Pembuatan Mesin V8 Terkencang Ford

Ardimo Harsa, Jurnalis · Rabu 25 September 2019 13:30 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 09 25 52 2109127 intip-proses-pembuatan-mesin-v8-terkencang-ford-S35ciDsEII.jpg Mesin Ford (foto: ist)

MICHIGAN – Ford dikenal sebagai salah satu pembuat mesin V8 ulung. Salah satu model Ford yang masih menggunakan mesin berkonfigurasi ini adalah muscle car mereka, Mustang. Varian performa tinggi dari Mustang yaitu Shelby GT500 untuk model tahun 2020nya akan diberi mesin V8 paling bertenaga yang dibuat Ford yang mampu menghasilkan tenaga 760 dk.

Dirakit di pabrik mesin Ford di daerah Romeo, Michigan, Amerika Serikat, mesin ini tak dirakit oleh sembarang orang. Dibuat di jalur khusus yang diberi nama Jalur Niche, semua mesin V8 terbaik Ford di buat di jalur ini. Jalur produksi ini mulai membuat mesin performa tinggi Ford sejak 1996 ketika mereka membuat mesin V8 berkapasitas 4.6 liter untuk Ford Mustang Cobra dan berlanjut hingga kini dengan mesin V8 untuk GT500 yang diberi nama Predator V8 ini, demikian dikutip dari motor1.

 Mesin Ford

Di dalam pabrik seluas 185 ribu meter persegi ini, Jalur Niche ini mungkin terlihat kecil. Namun, jalur ini terkenal karena hanya orang-orang berpengalaman saja yang bisa membuat mesin V8 di sini. Perjalanan mesin Predator yang dimulai dari blok mesin kosong hingga menjadi mesin yang siap menggerakan Mustang terkencang pun tak singkat.

 Mesin Ford

Pada proses produksi, mesin ini melalui 21 stasiun jalur produksi, di mana mesin ini dikerjakan oleh satu orang yang membawa mesin ini dari satu stasiun ke stasiun lain.

Pengerjaannya sendiri mengombinasikan efisiensi kerja dan ketelitian yang maksimal. Ini karena pengerjaan mesin ini dibantu oleh computer yang memonitor segala aspek pengerjaan mesin, mulai dari seberapa kencang baut di mesin hingga memastikan bahwa semua pekerjaan perakitan dikerjakan tanpa ada yang tertinggal satu pun. Hal ini membuat mesin Predator V8 siap untuk diajak membalap di sirkuit di seluruh dunia.

 Mesin Ford

Setelah dirakit, mesin ini pun akhirnya dipasang oleh sang pembuat mesin ke dalam GT500. Tak lupa, pembuat mesin ini juga memberikan tanda tangannya di atas mesin sebagai tanda bahwa mesin tersebut adalah rakitannya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini