nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Wuling Eksport Chevrolet Captiva yang Jadi Kembaran Almaz

Medikantyo, Jurnalis · Rabu 25 September 2019 16:01 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 09 25 52 2109214 wuling-eksport-chevrolet-captiva-yang-jadi-kembaran-almaz-g12xBJJtSd.jpg Eksport Chevrolet Captiva yang jadi kembaran Wuling Almaz (foto: Ist)
 

CIKARANG - Langkah perluasan pasar dilakukan oleh PT SGMW Motor Indonesia (Wuling Motors) ke beberapa negara. Dalam ekspor perdananya pada Rabu (25/9/2019) ini, Wuling mengirimkan model SUV berbasis varian Almaz yang memang diketahui kedua produsen ini telah beraviliasi dengan General Motors. atau dikenal dengan merk dagang Chevrolet.

 Namun pada eksport kali ini, pabrik Wuling mengeluarkan model Chevrolet Captiva yang sebelumnya telah terkuak tampilan desain dan fitur yang tersemat tak jauh berbeda dengan Wuling Almaz yang sudah mengaspal di Indonesia.

Ekspor Wuling

General Motors sendiri memanfaatkan pabrik Wuling di Cikarang sebagai basis produksi untuk mensuplai kebutuhan pasar di beberapa negara. Diantaranya, Brunei Darussalam, Fiji, dan Thailand. Tercatatnya langkah ekspor Wuling Motors Indonesia ini terbilang cepat, mengingat fasilitas produksinya di Cikarang, Jawa Barat mulai beroperasi sejak Juli 2017 lalu.

 Ekspor Wuling

Kemampuan melakukan ekspor ke pasar di negara wilayah Asia Tenggara dan Oceania itu membuktikan kemampuan pabrik di Indonesia, sebagai basis produksi regional. “Target pengirimannya mencapai 2.600 unit hingga Desember 2019 ini," ujar Presiden Direktur Wuling Motors, Xu Feiyun, dalam sambutannya.

Keberhasilan fasilitas pabrik milik Wuling Motors menyumbang produk untuk diekspor mengundang dukungan penuh dari Kementerian Perindustrian Republik Indonesia. "Tahun ini pemerintah menargetkan ekspor kendaraan bermotor sebesar 400 ribu unit ke berbagai negara tujuan," ujar Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto, dalam sambutannya.

 ekspor Wuling

Bertambahnya produsen dengan kemampuan ekspor kendaraan bermotor saat ini, membuat Indonesia mulai disebut sebagai vendor untuk kendaraan berkondisi CBU. "Kepercayaan ini turut mengangkat penyuplai komponen buatan lokal dengan tujuan ekspor menuju 80 negara seperti Meksiko, Arab Saudi, hingga Jepang," kata Airlangga.

 Ekspor Wuling

Fasilitas pabrik Wuling sendiri memiliki kapasitas produksi hingga 120 ribu unit mobil per tahun dengan nilai investasi awal sebesar USD700 juta (sekitar Rp 9,9 triliun). Jumlah tenaga kerja lokal yang terserap pada fasilitas produksi ini mencapai 900 orang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini