nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Honda Patenkan Teknologi Suspensi Modern untuk Motor Trail Terbarunya

Medikantyo, Jurnalis · Rabu 25 September 2019 10:01 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 09 25 53 2108972 honda-patenkan-teknologi-suspensi-modern-untuk-motor-trail-terbarunya-KHTqtu2uhL.jpg Tampilan model Honda CRF250 yang sudah beredar di Indonesia (Foto: Okezone.com/Istimewa)

WASHINGTON - Pemakaian teknologi suspensi dengan penyesuaian otomatis tanpaknya akan dilakukan Honda pada model motor trail CRF450R. Pemakaian teknologi suspensi aktif tersebut diketahui melalui paten yang terdaftar di Amerika Serikat.

Rancangan yang tertera pada paten tersebut menunjukkan sistem bantuan komputer akan bekerja mengatur kenyamanan berkendara pengguna sepeda motor Honda, di lintasan off-road. Sejumlah sensor pemindai serta perangkat komputer dipasang, untuk menyesuaikan kesesuaian suspensi berdasar permukaan jalan yang dilalui.

 Honda CRF

Teknologi yang digunakan oleh Honda disebut tidak jauh berbeda dengan model pemakaian suspensi elektronik pada produk sepeda motor berkarakter petualang keluaran BMW Motorrad. Komponen pendeteksi akselerasi akan mengawali kinerja sistem dengan mendeteksi permukaan jalan yang akan dilalui, berlanjut menuju Road Surface Decision Unit dan Suspension Controlling Unit.

Sinyal yang berasal dari dua komponen tadi akan mengaktifkan mekanisme penyesuaian suspensi tak kurang dari hitungan milidetik. Pengubahan yang dilakukan dengan bantuan sensor akselerasi tersebut dapat mengurangi maupun menambah tekanan, mengubah tingkat aliran hidrolis dari oli pada garpu suspensi, hingga mengganti ukuran perpanjangan kaki garpu suspensi.

 Honda CRF

Sistem ini dikabarkan memiliki desain parameter waktu sehingga dapat memantau permukaan jalan secara kontinu selama berkendara. Dikutip dari laman RideApart, teknologi adaptasi suspensi ini berpeluang mengenali posisi kendaraan saat tengah melompat, hingga mempersiapkan komponen peredam kejut itu saat motor kembali menyentuh permukaan tanah.

Honda CRF

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini