Wuling Mulai Lirik Pasar Fleet, Begini Strateginya

Medikantyo, Jurnalis · Kamis 26 September 2019 13:03 WIB
https: img.okezone.com content 2019 09 26 52 2109559 wuling-mulai-lirik-pasar-fleet-begini-strateginya-eu6btbh49Z.jpg Penampilan model Wuling Almaz dalam gelaran GIIAS 2019 (Foto: Okezone.com/Mufrod)

CIKARANG - Menjajaki kompetisi di pasar fleet menjadi langkah selanjutnya dalam penguatan posisi Wuling Motors di Indonesia. Sebelumnya, Wuling sempat menjalin kerjasama dengan salah satu operator taksi dengan menggunakan model Confero.

Porsi transaksi penjualan unit dalam jumlah banyak memang tidak terlihat menonjol dari data keluaran Wuling. "Bisa dibilang penggrapan penjualan di tingkat fleet sedang dalam proses. Utamanya dengan potensi pemesanan dari kalangan perkantoran serta agen rental," kata Senior Brand Manager Wuling, Dian Asmahani.

 Wuling Cortez

Keberadaan model produk Multi Purpose Vehicle (MPV) seperti Wuling Cortez menjadi modal bagi produsen asal Tiongkok itu bersaing di ranah fleet. "Berdasarkan pengamatan di lapangan, unit Wuling Cortez yang tersedia sering dicari oleh konsumen," ujar Dian kepad Okezone Otomotif.

Wuling mengakui kontribusi transaksi penjualan kendaraan dalam jumlah banyak tersebut belum berkontribusi banyak. Proporsinya belum begitu terlihat dari total penjualan Wuling hingga Agutsus 2019 yang berkisar 11 ribu unit lebih.

Produk bertipe Sport Untility Vehicle (SUV) Wuling Almaz masih memegang proporsi terbesar dengan angka 49 persen. "Sementara untuk model Confero sumbangsihnya sebesar 35 persen, baru disusul oleh Cortez," kata Dian kepada Okezone Otomotif.

Tingkat penjualan sebanyak itu sudah terbilang bagus bagi Wuling menurut Dian. Namun, Wuling masih akan menunggu respons pasar, mengingat tren penjualan mobil di Indonesia berada di akhir tahun. "Hal ini didukung keberadaan 100 dealer di seluruh Indonesia saat ini," katanya menambahkan.

 Wuling

Wuling ,asih terlihat menguatkan posisinya di Indonesia sejak mulai mengoperasikan pabrik di Cikarang, Jawa Barat pada Juli 2017 lalu. "Hingga saat ini saya mendapat informasi bahwa Wuling sudah mampu meraih pangsa pasar sebesar lima persen," kata Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini