nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Risiko Kecelakaan Tinggi, Hyundai Luncurkan Posisi Baru Perangkat Airbag

Medikantyo, Jurnalis · Kamis 26 September 2019 14:42 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 09 26 52 2109623 risiko-kecelakaan-tinggi-hyundai-luncurkan-posisi-baru-perangkat-airbag-9WXbojUaXa.jpg Pengembangan airbag ini akan ditempatkan di seluruh model Hyundai seperti H-1 (Foto: Okezone.com/pool)

SEOUL - Komponen airbag menjadi pelindung utama bagi pengendara dan penumpng saat terjadi kecelakaan. Penempatan perangkat airbag sendiri berada di sebagian besar bagian kabin dalam mobil, termasuk untuk melindungi lutut anda saat mobil mengalami benturan hebat.

Hyundai melihat satu tempat belum memperoleh perlindungan airbag yang mumpuni, tepatnya pada posisi antara pengemudi dan penumpang depan. Potensi benturan yang terjadi dengan melibatkan keduanya bisa berbuah pada potensi cedera.

 Airbag

Perangkat airbag terbaru ini kan terpasang pada posisi konsol tengah kendaraan, tepatnya pada bagian jok pengemudi. Ketika perangkat ini aktif, airbag akan mengembang sekaligus menutup celah antara pengemudi serta penumpang depan.

Berdasarkan data keluaran Asosiasi Manufaktur Otomobil Eropa (EAMA), tingkat cedera sekunder karena benturan sesama penumpang dan interior mobil mencapai 45 persen. Hyundai mengklaim dapat menurunkan angka potensi cedera akibat benturan sesama penumpang di bagian depan hingga 80 persen dengan adanya teknologi airbag ini.

Produsen asal Korea Selatan itu juga menyatakan airbag tetap akan bekerja meski tidak ada penumpang yang menemani pengemudi di kabin bagian depan. Perangkat itu kemudian dapat melindungi pengemudi dari potensi benturan terhadap objek yang terletak pada sisi penumpang.

Pengembangan airbag tersebut juga disertai dengan adanya teknologi pengurangan bobot perangkat, serta penambahan perangkat penunjang bernama tether untuk mengoptimalkan kinerja airbag. Nantinya, bobot airbag keluaran Hyundai ditargetkan bisa lebih 500 gram lebih ringan dari kompetitor.

 Airbag

Hyundai belum mengeluarkan perkiraan resmi terkait penerapan teknologi perangkat airbag tambahan anyar ini. Namun, rencananya perangkat ini akan tersedia dalam seluruh model keluaran Hyundai di masa mendatang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini