nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tesla Kembangkan Revolusi Teknologi Wiper Bertenaga Listrik

Medikantyo, Jurnalis · Kamis 26 September 2019 19:11 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 09 26 52 2109739 tesla-kembangkan-revolusi-teknologi-wiper-bertenaga-listrik-xF4Wi5T9S7.jpg Upaya penghematan energi dilakukan Tesla dengan mengubah komponen wiper kaca depan (Foto: Okezone.com/Istimewa)

LOS ANGELES - Terobosan siap dilakukan oleh Tesla dalam merancang komponen untuk kendaraan elektrifikasi buatannya. Produsen asal Amerika Serikat itu mengajukan paten untuk teknologi rancang bentuk wiper kaca depan berbasis elektromagnet.

Sistem kerja wiper kaca depan ini memiliki prinsip yang mirip dengan cara operasi kereta maglev berkecepatan tinggi. Sebuah lengan wiper berukuran sesuai dengan kaca depan mobil akan menggantikan sistem konvensional yang selama ini digunakan.

 Tesla

Penggunaan sistem rel serta teknologi elektromagnet tersebut diperkirakan menjadikan operasional wiper lebih cepat dibandingkan teknologi konvensional. Selain itu, Tesla menilai sistem teknologi wiper kaca depan rancangannya itu akan menggunakan energi lebih hemat dibandingkan komponen wiper kaca konvensional.

Pemakaian teknologi wiper kaca dengan sistem elektro magnet ini menjadi solusi hilangnya energi, akibat friksi mekanis dari teknologi wiper kaca depan konvensional. Penghematan dari pemakaian teknologi baru itu menyediakan daya jelajah lebih bagi pengguna mobil listrik Tesla.

Tesla juga memiliki kepentingan dibalik pemakaian wiper berteknologi baru ini. Seperti dikutip dari laman Car and Driver, Penggunaan wiper terbaru memberi visibilitas lebih baik dalam cuaca buruk kepada pengendara sekaligus rancangan sensor kamera mobil otonom Tesla.

Adanya jarak pandang ideal untuk sensor kamera mobil otonom buatan Tesla saat ini. Tentunya, kemudahan sensor kamera dalam mengidentifikasi permukaan jalan serta objek di depan dalam situasi cuaca buruk, akan mengurangi risiko terjadinya insiden kecelakaan lalu lintas.

 Tesla

Rancangan wiper kaca depan terbaru ini diunggah oleh Tesla kepada Kantor Urusan Paten dan Merk Dagang Amerika Serikat, awal bulan ini. Namun, belum ada informasi kapan maupun model mana yang akan menggunakan teknologi wiper kaca depan anyar ini.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini