nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Honda Patenkan Suspensi Berteknologi Sensor yang Mampu Baca Kondisi Jalan

Aidha Widyastuti, Jurnalis · Kamis 26 September 2019 22:02 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 09 26 53 2109810 honda-patenkan-suspensi-berteknologi-sensor-yang-mampu-baca-kondisi-jalan-omVdXr9cop.jpg Honda Suspensi elektronik dengan sensor (foto: Ist)

MINATO - Teknologi suspensi tampaknya sedang bergerak maju dalam lompatan generasi di setiap tahunnya. Seperti halnya yang dilakukan produsen Honda. Perusahaan asal Jepang ini telah mengajukan hak paten pada teknologi suspensi otomatisnya untuk sepeda motor. Paten dengan NO. US 2019/0283835 A1, menrujuk kepada motor trail CRF450R.

Perusahaan asal Jepang ini berhasil menemukan keseimbangan yang tepat dalam suspensi off road, yang dilengkapi dengan rangkaian sensor dan komputer yang berfungsi untuk membaca jalan juga dapat mengubah pengaturan suspensi yang bisa disesuaikan.

 paten Honda

Sistem suspensi aktif yang terdapat pada sepeda motor bukanlah hal baru lagi. Sebagai contoh, BMW yang lebih dulu memiliki suspensi elektronik yang terdapat pada model sepeda motor untuk berpetualangan. Suspensi milik BMW ini dilengkapi dengan pengaturan yang dapat disesuaikan serta tersedia juga pengaturann otomatis.

Sistem yang ditawarkan pada sepeda motor buatan Jerman ini disebut dengan Dynamic ESA (penyesuaian suspensi elektronik) dengan menggunakan beberapa akselerometer untuk menentukan perilaku suspensi.

 suspensi elektronik

Tak hanya BMW, Mercedes-Benz pun menggunakan sensor visual pada mobil buatannya. Teknologi Road Surface-Scan yang dimilikinya dilengkapi kamera untuk memindai ke depan dan menyiapkan suspensi yang berfungsi untuk menghindari kondisi jalan yang buruk seperti, gundukan dan lubang.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini