nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Test Drive Mobil Listrik Anak Bangsa, Khofifah: Mobilnya Mewah & Keren

Aidha Widyastuti, Jurnalis · Jum'at 27 September 2019 14:19 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 09 27 52 2110045 test-drive-mobil-listrik-anak-bangsa-khofifah-mobilnya-mewah-keren-aOTzePTl8K.jpg Gubernur Jatim jajal mobil listrik Lowo Ireng (foto: Ist)

SURABAYA - Dalam rangka HUT ke-74 provinsi Jawa Timur, Gubernur Khofifah Indar Parawansa menyempatkan diri untuk menjajal mobil listrik karya mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh November (ITS). Khofifah terkesan dengan tampilan mobil Lowo Ireng Reborn yang dikatakan mirip dengan Batmobile milik Bruce Wayne tokoh karakter dari film Batman. Tampak pula Arumi Bachsin, istri dari Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak yang ikut mendampingi dan menaiki Lowo Ireng Reborn.

Gubernur Jawa Timur mengaku, ini merupakan kali pertama ia melihat mobil mewah seperti yang ada di film Batman. Tak hanya itu, Khofifah seakan dibuat takjub dengan tampilan dari Lowo Ireng Reborn, ia hanya dapat mengucapkan satu kata untuk karya anak bangsa ini dengan sebutan "keren".

 Lowo Ireng

Nama yang diambil untuk mobil buatan ITS ini cukup unik, pasalnya Lowo Ireng ini merupakan bahasa jawa yang berarti kelelawar hitam. Arti kelelawar hitam sendiri ditujukan untuk tim pembuat mobil tersebut yang senang bekerja di malam hari layaknya kelelawar.

Sementara itu, Lowo Ireng sebenarnya sudah pernah diluncurkan di tahun 2014 silam, dimana sebelumnya mobil ini menggunakan tenaga penggerak engine dari Mitsubishi type 6A13 Twin Turbo dengan power 205 Hp dan ECU (Engine Control Unit) menggunakan produk hasil riset alumni mahasiswa ITS yang diberi nama Iquteche Techonolgy.

 Lowo Ireng

Namun kini Lowo Ireng Reborn dilengkapi dengan teknologi baterai Lithium Ion dengan kapasitas 20 kWh. Sementara, teknologi lainnya yang digunakan oleh mobil ini diantaranya Controller/Inverter, Battery Management System dan Interface Vehicle Unit. Semua rangkaian tersebut adalah buatan tim peneliti dan mahasiswa ITS.

Diketahui Lowo Ireng Reborn dapat melaju dengan kecepatan lebih dari 160 kilometer/jam, dengan torsi sebesar 200 yang dilengkapi transmisi Triptonic. Dibutuhkan waktu sekitar tiga sampai empat jam untuk melakukan pengisian daya sebanyak 7,7 KW.

Selama proses pengembangan untuk menjadikan Ireng sebagai mobil dengan bahan bakar listrik, PUI-SKO (Pusat Unggulan Iptek Sistem Kontrol Otomotif) ITS telah bekerja sama dengan Departemen Teknik Mesin dan Departemen Teknik Elektro ITS.

 Lowo Ireng

Dikesempatan yang sama, Khofifah meminta ITS untuk mengembangkan karya otomotif seperti Lowo Ireng Reborn, agar tidak berhenti hanya sampai di uji coba, pameran, atau hanya mengikuti ajang perlombaan saja. Hal ini disampaikan Gubernur Jatim, agar kedepannya karya anak bangsa khususnya di bidang otomotif dapat diterima oleh industri otomotif untuk diproduksi secara massal.

Selain itu, Khofifah juga ikut menjajal mobil Esemka milik PT Solo Manufaktur Kreasi dengan jenis Passenger Car Garuda dan komersial pick up Bima. Rencananya Gubernur Jatim ini akan mengantri untuk membeli satu unit mobil Esemka tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini