nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Lini Produk 490 KTM Dirakit di India, Dikabarkan Siap Tampil dalam EICMA 2019

Medikantyo, Jurnalis · Jum'at 27 September 2019 08:04 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 09 27 53 2109917 lini-produk-490-ktm-dirakit-di-india-dikabarkan-siap-tampil-dalam-eicma-2019-n9rjTHeHIU.jpg Model KTM Duke 790 dalam sebuah kesempatan pameran (Foto: Okezone.com/Istimewa)

NEW DELHI - Kabar mengenai rencana produksi sepeda motor KTM di India, sudah beredar luas sejak tahun lalu. Namun, proses produksi dalam fasilitas pabrik milik Bajaj Auto tersebut diketahui baru terealisasi pada pertengahan tahun ini, seperti dilansir oleh laman Indian Autos Blog.

KTM bahkan memutuskan untuk menempatkan perakitan lima model dengan sebuah persamaan, menggunakan mesin dua silinder berkapasitas 490 cc. Kelima model tersebut diperkirakan sebagai KTM 490 Duke, KTM RC 490, KTM 490 Adventure, KTM 490 Supermoto, dan KTM 490 Enduro.

 KTM

Mesin silinder ganda yang digunakan, secara detail memiliki tipe DOHC berpendingin cairan. KTM sendiri belum mengungkap data performa dari kelima motor tersebut. Namun, dengan patokan tenaga dari mesin versi 390 cc silinder tunggal yang mencapai 43 Hp, muncul perkiraan kekuatan mesinnya menyentuh 55-60 Hp.

Pengubahan secara struktur diperkirakan terdapat pada model Duke 490 dan Adventure 490. Pasalnya, rangka berjenis trellis pada motor tersebut harus menyesuaikan ukuran mesin yang cukup lebar. Penyesuaian kerangka motor juga dilakukan pada model Supermoto dan Enduro untuk produksi kali ini.

Kebutuhan penyesuaian komponen pada kelima model tersebut juga berlaku untuk bagian suspensi, ukuran roda, serta penggunaan standar perangkat rem. Suspensi depan menggunakan teknologi inverted disertai penggunaan model monoshock untuk bagian belakang. Sistem rem cakram dipakai untuk seluruh model motor tersebut dengan ABS dual-channel.

Komponen eksternal pada motor ini sendiri tidak akan berbeda dibandingkan model dengan basis produksi mesin satu silinder. Setidaknya dengan pemakaian lampu utama dengan teknologi LED serta layar panelmeter TFT berwarna dengan konektivitas bluetooth. Spesifikasi tidak jauh berbeda dari jajaran keluaran 2020 dilakukan untuk menekan biaya produksi.

 KTM

Keseluruhan spesifikasi tiap model dalam operasi produksi ini diduga baru akan disampaikan dalam gelaran pameran sepeda motor EICMA 2019. Acara tersebut akan berlangsung di kota Milan, Italia pada 5-10 November 2019 nanti.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini