nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Begini Penghitungan Perawatan Vespa GTS Super Tech 300, Tak Bikin Khawatir

Medikantyo, Jurnalis · Minggu 29 September 2019 18:04 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 09 29 53 2110747 begini-penghitungan-perawatan-vespa-gts-super-tech-300-tak-bikin-khawatir-J351lvJdoc.jpg Penampilan unit Vespa GTS Super Tech 300 saat diperkenalkan di kawasan Senayan, Jakarta (Foto: Okezone.com/Medikantyo)

JAKARTA - Teknologi mesin anyar yang tersemat pada model Vespa GTS Super Tech 300, memunculkan pertanyaan mengenai biaya perawatan reguler. Terlebih mesin jenis High Performance Engine (HPE) ini, baru pertama digunakan untuklini produk keluaran PT Piaggio Indonesia di Tanah Air.

Menanggapi pertanyaan tersebut, Technical Training Manager PT Piaggio Indonesia, Yudi Riswanto, secara terbuka mengungkap biaya perawatan skuter berbodi besar ini tergolong rendah. Hal tersebut dikarenakan periode perawatan pemakaian mesin HPE dengan kapasitas 300 cc cukup lama.

 Vespa GTS Super Tech 300

Angka tersebut masih dapat berubah tergantung pada pemakaian serta gaya berkendara pengguna Vespa GTS Super Tech 300 ini. "Motor ini terbilang irit perawatannya karena periode ganti olinya per 10.000 kilometer atau bisa sampai lima bulan. Bisa kurang dari itu kalau memang dipakai ngebut maupun berkegiatan sehari-hari," kata Yudi.

Komponen yang perlu mendapat perhatian dalam perawatan rutin pun terbilang krusial seperti transmisi CVT, roller, hingga v belt. "Biaya kemungkinan penggantian komponen tersebut jelas berada di luar ongkos rata-rata perawatan rutin sebesar Rp75 ribu sampai Rp100 ribu. Perkiraan itu untuk servis yang sebaiknya dilakukan pada bengkel resmi Piaggio," ujar Yudi lagi.

Penanganan perawatan motor ini sendiri membutuhkan pengalaman dari montir senior ataupun teknisi dengan pengawasan ketat. Mengingat ketelitian serta pengaturan komponennya tergolong berbeda sebagai sebuah motor eksotis. "Karena hal ini berhubungan langsung dengan keputusan untuk mengganti komponen dengan suku cadang baru," kata Yudi menjelaskan.

Mesin bertipe HPE sendiri menjadi rangkaian dengan kapasitas terbesar dalam lini produk PT Piaggio Indonesia saat ini. Kekuatan mesin ini meningkat sebesar 12 persen dari milik Vespa GTS 300 sebelumnya hingga mencapai 23,8 Hp. Kenaikan torsi juga terjadi sebanyak 18 persen dibandingkan sebelumnya menjadi 26 Nm.

 Vespa GTS Super Tech 300

Vespa GTS Super Tech 300 secara resmi diperkenalkan ke pasar Indonesia oleh PT Piaggio Indonesia beberapa pekan lalu. Disebut sebagai varian tertinggi dari jajaran produk Vespa terbaru di Indonesia saat ini, model GTS Super Tech 300 dibanderol Rp152,9 juta untuk wilayah Jakarta dan sekitarnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini