nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mobil Listrik di China Turun Pamor Terkait Dicabutnya Insentif

Aidha Widyastuti, Jurnalis · Selasa 01 Oktober 2019 07:24 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 09 30 199 2111213 mobil-listrik-di-china-turun-pamor-terkait-dicabutnya-insentif-oPrHzaSGix.jpg Mobil listrik China (foto: Ist)

TIONGKOK - Laporan penjualan EV di Cina mengalami penurunan. Pada bulan Agustus lalu, pasar kendaraan plug-in Cina menurun tajam sebanyak 12% dari tahun ke tahun, sementara plug-in hybrids (PHEVs) menurun sebanyak 51%. Namun hal ini tidak berlaku pada kendaraan listrik penuh (BEVs), kendaraan dengan tenaga listrik murni ini justru mengalami peningkatan persentase penjualan sebesar 4%. Angka tersebut merupakan satu-satunya penyelamat untuk pasar mobil di Cina. Jika dijumlahkan Cina mengalami penurunan sebesar 8% itu mencakup semua jenis kendaraan.

Dilansir melalui situs cleantechnica.com, faktor penyebab menurunnya penjualan untuk pasar mobil di Cina ini karena perubahan subsidi yang terjadi pada Juni lalu, dimana subsidi kendaraan energi baru (NEV) diberhentikan untuk kendaraan dengan jangkauan listrik kurang dari 250 km. Sementara untuk kendaraan dengan jangkauan listrik yang lebih tinggi ini mendapati setengah dari yang seharusnya.

 Mobil listrik

Faktor lain yang menjadi alasan Cina sebagai produsen pasar plug-in ini yang kemudian menjadikan kendaraan EV negara tersebut berkembang di dunia adalah dengan memproduksi model yang lebih kompetitif dan selalu berinovasi menampilkan model baru dan mereka berusaha untuk bertahan hidup dari beberapa startup di pasar.

Namun, pada bulan Agustus, pasar mobil di Cina mendapat kabar baik dimana keturunan SAIC-GM Baojun E-Series menempati peringkat pertama sebagai pemenang berkat penjualannya yang terdaftar sebanyak 8.698 unit.

Berikut ini catatan lima model terlaris untuk pasar mobil di Cina bulan Agustus lalu :

Mobil listrik China

1. Baojun E-Series

Kendaraan ini berhasil menjual sebanyak 8.698 unit di bulan Agustus lalu. Hal ini menjadi mungkin karena, EV ini dilengkapi dengan baterai 24 kWh baru. Baterai baru ini merupakan komponen penting untuk mencapai persyaratan kisaran minimum subsidi. Tak hanya itu, desain dan tampilan dari mobil ini sangat menarik dari sisi fitur yang modern. Untuk harga, sebelumnya mobil ini dibanderol dengan harga USD14.700 atau sekitar Rp........

2. BAIC EU-Series

Sedan listrik ini berhasil mencapai penjualan sebanyak 7.580 unit pada bulan lalu. Dimana mobil ini mampu menghasilkan 215 Hp, dengan desain dan fitur yang tak kalah menarik. Namun sayang, meningkatnya kompetisi setiap bulannya menjadikan BAIC mengalami masalah untuk dapat melaju kedepan dengan menawarkan produk baru yang dapat bersaing lebih dari seri ini.

 Mobil listrik china

3. BAIC EX-Series

EX-Series merupakan crossover kecil yang sekilas mirip dengan Renault Captur atau Kia Soul. Mobil ini berhasil menjual sebanyak 6.568, dimana mobil ini dapat menghasilkan 107 Hp .

4. BYD Yuan

Model dari mobil ini memiliki dilengkapi dengan baterai yang lebih kecil 41 kWh yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 93 Hp.

 Mobil listrik China

5. GAC Aion S

Sedan dengan bentuk ramping ini berhasil mencapai 3.815 yang telah mendaftar. Mobil ini dilengkapi baterai 59kWh CATL NCM 811 yang dapat menghasilkan NEDC 51 km. Selain itu, model ini juga dilengkapi dengan alat bantu pengemudi level 2.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini